Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Metode Student Created Case Studies Pada Materi SPLDV

Santi Pikoli, Sumarno Ismail, Khardiyawan A.Y. Pauweni

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penggunaan metode pembelajaran Student Created Case Studies (SCCS) pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 1 Bulango Utara pada tahun ajaran 2023-2024 semester ganjil. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Bulango Utara dengan jumlah total 25 orang terdiri atas 14 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa Perempuan. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah. Prosedur penelitian meliputi dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari; rencana, tindakan, observasi, dan refleksi.

Hasil pengamatan aktivitas guru yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 66,67% menjadi 88,10%. Selanjutnya hasil pengamatan aktivitas siswa yang mencapai kategori baik dan sangat baik meningkat dari 55,88% menjadi 85,29%. Adapun hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa mengalami peningkatan dari 64% menjadi 84%. Semua aspek telah mencapai indikator keberhasilan pada siklus II melalui penggunaan metode Student Created Case Studies (SCCS).

Kata Kunci: Student Created Case Studies (SCCS), Pemecahan Masalah Matematika, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.


Full Text:

PDF

References


Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Jayadi, N. L., & Fitriani, R. (2021). Penggunaan Metode Student Created Case Studies untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4818–4826. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1563

Habuke, F., Hulukati, E., & Pauweni, K. A. . (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Pada Materi Peluang. Euler : Jurnal Ilmiah Matematika, Sains Dan Teknologi, 10(1), 103–110. https://doi.org/10.34312/euler.v10i1.14496

Machmud, T., Antuala, D., & Takaendengan, B. R. (2023). Personality Type In Mathematical Problem Solving. E3S Web of Conferences, 400, 4–8. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202340003007

Majid, Gumilangit, F., & Achmad, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan di SMP Negeri 3 Gorontalo. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 11(2), 476–485. https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15684

Noor, A. J. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam. 2, 250–259.

Nopitasari, A., & Santosa, S. (2012). Pengaruh Metode Student Created Case Studies Disertai Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo the Influence of Student Created Case Studies Learning Method With Picture Media Towards Sains Skill Proce. Pendidikan Biologi, 4(September), 100–110.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Suna, R., Mohidin, A. D., Katili, N., Abdullah, A. W., & Majid, M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pola Bilangan. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 1(2), 43–51. https://doi.org/10.55657/rmns.v1i2.68

Ulya, H. (2016). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Bermotivasi Belajar Tinggi Berdasarkan Ideal Problem Solving. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(1), 90–96. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.561

Unonongo, P., Ismail, S., & Usman, K. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas IX. Jambura Journal of Mathematics Education, 2(2), 43–49. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v2i2.10591




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.3956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/slot gacor thailand