Pengaruh Math Anxiety dan Self Efficacy terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar

Ikha Yuliati, Dimas Danar Septiadi, Rany Widyastuti

Abstract


Hasil belajar dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu proses pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika. Masih banyaknya siswa yang memiliki stigma negatif terhadap matematika turut memberikan dampak yang kurang baik terhadap hasil belajar matematika, Oleh karenanya perlu diketahu faktor apa saja yang dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Salah satu faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar matematika yaitu faktor internal berupa math anxiety dan self efficacy. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan melihat bagaimana pengaruh math anxiety dan self efficay, baik secara masing-masing maupun bersama-sama terhadap hasil belajar matematika. Instrumen penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mendapatkan data math anxiety dan self efficacy siswa, dan tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar. Kemudian data diolah dan dianalisis menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama variabel x penelitian terhadap hasil belajar matematika. Temuan ini dibuktikan dengan nilai sig. tiap variabel x pada uji t < 0, 05, dan nilai sig. pada uji F < 0,05.


Full Text:

PDF

References


Artama, E. N. N., Amin, S. M., & Siswono, T. Y. E. (2021). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(1), 34. https://doi.org/10.26740/jppms.v4n1.p34-40

Ashcraft, M. H. (2019). Math Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Journal of Physics: Conference Series, 1157(4), 181–185. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1157/4/042099

Disai, W. I., Dariyo, A., & Basaria, D. (2018). Hubungan Antara Kecemasan Matematika Dan Self-Efficacy Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Sma X Kota Palangka Raya. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2), 556. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.799

Fitriani, R. N., & Pujiastuti, H. (2021). Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2793–2801. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.803

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128

Hikmah, S. N., & Saputra, V. H. (2023). Korelasi Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 42–57.

Husna, R., Budiman, & S, B. Y. (2018). Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas X SMK SMTI Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 3(2), 43–48.

I.A., S. (2014). Aplikasi Komputer Dalam Penyusunan Karya Ilmiah. Pustaka Mandiri.

Indraswara, W. T., Kusmaharti, D., & Yustitia, V. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Ditinjau dari Self Efficacy. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1685–1708. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i3.324

Kucian, K., Zuber, I., Kohn, J., Poltz, N., Wyschkon, A., Esser, G., & von Aster, M. (2018). Relation between mathematical performance, math anxiety, and affective priming in children with and without developmental dyscalculia. Frontiers in Psychology, 9(APR), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00263

Kurniawati, N. D. L., & Mahmudi, A. (2019). Analysis of mathematical literacy skills and mathematics self-efficacy of junior high school students. Journal of Physics: Conference Series, 1320(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1320/1/012053

Lestari, I. (2015). Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(2), 115–125. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i2.118

Mellyzar, M., Unaida, R., Muliani, M., & Novita, N. (2022). Hubungan Self-efficacy dan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa: Ditinjau Berdasarkan Gender. Lantanida Journal, 9(2), 104. https://doi.org/10.22373/lj.v9i2.11176

Muhsana, N., & Diana, H. A. (2022). Pengaruh Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Berbasis Soal PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 41–52.

Naseek, P. (2021). Mathematics Anxiety among Students : Causes and Remedies. Ijariie, 7(3), 3185–3191.

Salvia, N. Z., Sabrina, F. P., & Maula, I. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik Ditinjau Dari Kecemasan Matematika. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 3(2019), 352–360. https://www.proceeding.unikal.ac.id/index.php/sandika/article/view/890

Santosa, F. H., & Bahri, S. (2022). Pengaruh self-efficacy matematis terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dalam situasi online learning. Journal of Didactic Mathematics, 3(2), 61–68. https://doi.org/10.34007/jdm.v3i2.1465

Sari, D. P., Rahmat, T., Aprison, W., & Fitri, H. (2023). Pengaruh Kecemasan Matematika ( Math Anxiety ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MtSN 6 AGAM Tahun Pelajaran 2020 / 2021. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(2), 2514–2526.

Sari, D. P., Yana, Y., & Wulandari, A. (2021). Pengaruh Self Efficacy dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa MTs Al-Khairiyah Mampang Prapatan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.37640/jip.v13i1.872

Siska Dwi Astiati, S., & Ilham, I. (2023). Analisis Faktor Penyebab Kecemasan Belajar Matematika Pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(2), 1294–1302. https://doi.org/10.58258/jime.v9i2.5070

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press.

Umaroh, S., Yuyu Yuhana, & Aan Hendrayana. (2020). Pengaruh Self-Efficacy dan Kecemasan Matematika terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP. WILANGAN: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/7971

Wahyuningtyas, N., & Febrianingsih, L. (2018). Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 4(1), 38. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1777

Yuliati, I., & Zahrah, F. (n.d.). ANALISIS GENDER TERHADAP SELF EFFICACY DAN MATH ANXIETY penyebab masalah yang seringkali ditemui dalam pembelajaran matematika . Banyak. Cognitive: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2).




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88