Konsep Aljabar pada Budaya Haroa Masyarakat Buton dan Pengintegrasiannya dalam Pembelajaran Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi unsur ethnomatematika dalam prosesi haroa Maulid Nabi Muhammad SAW pada masyarakat Buton. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tahapan penelitian etnografi yakni memilih masalah, meninjau literatur, merancang penelitian, mengumpulkan data, menganalisis data, menafsirkan temuan, membuat kesimpulan, dan menulis laporan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode triangulasi. Suatu analisis kualitatif yang fokus pada pemahaman mendalam tentang pengalaman subjektif individu terkait dengan budaya haroa. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat unsur ethnomatematika konsep aljabar melalui budaya haroa yang dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran matematika di antaranya konsep himpunan, pemetaan, pemetaan injektif, pemetaan surjektif, pemetaan bijektif, operasi pada himpunan, modulo 4, basis dari grup, dan homomorfisma grup. Konsep-konsep tersebut sekaligus dapat mengenalkan unsur budaya haroa kepada siswa dalam rangka penguatan karakter.
Full Text:
PDFReferences
Aswati M. 2019. Upacara Haroa pada Masyarakat Buton antara Tradisi dan Budaya Islam. Jurnal Idea Of History, Vol 02 No. 1, 2019.
Cahyadi W., Faradisa M., Cayani S., & Syafri SF. 2020. Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Arithmetic : Academic Journal of Math, Vol. 02, No. 02, November 2020. hal 157-168.
Cahyaningtyas., Novita, D., & Toto. 2018. Analisis Proses Berpikir Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, VI (1), 2018, 50-60
Creswell, J. W. 2019. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Desvita NA & Turdjai. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) untuk Meningkatkan Kerjasama dan Prestasi Belajar Siswa. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10 (1) 2020, 101-110.
Fadillah, S & Jamilah. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Cakrawala Pendidikan, 2016. Th. XXXV, No.1
Fauzan, A., Musdi, E., & Yani, R. 2017. The influence of realistic mathematics education (RME) approach on students' mathematical representation ability. Advance in Social Science, Education and Humanities Research, 173, 9–12. https://doi.org/10.2991/icei- 17.2018.3.
Fitriani, D. 2020. Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa. http://etheses.uinmataram.ac.id/1700/1/Dian% 20Fitriani%20160103115
Griffin, EM. 2003. A First look at Communication Theory, USA, The McGraw-Hill
Hardiani, N & Putrawangsa, S. 2019. Etnomatematika Tradisi Pengukuran Masyarakat Suku Sasak Dan Potensi Pengintegrasiannya Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. Volume 8, No. 1, 2019, 159-174. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1814
Hungerford Thomas W. 2000. Algebra. Springer: USA
Irawan, A. & Kencanawaty, G. 2017. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika. Medives 1 (2) (2017) 74-81
Kamaluddin, Z., Tasdik, M., Nurnia., Addin, A & Zamani, M. A. 2018. Haroa dan Orang Buton. UHO Pres. Kendari.
Lady, A., Utomo, B. T., & Lovi, C. 2018. Improving mathematical ability and student learning outcomes through realistic mathematic education (RME) approach. International Journal of Engineering and Technology, 7(2), 55–57. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i2.10.10954.
Lauren, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. 2018. How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569-578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959.
Martyanti, A., & Suhartini. 2018. Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. indomath: Indomanesian Mathematics Education – Volume 1, Issue 1, 35-41,2018
Munafi, L., & D Abdul. 2015. Praktik Haroa dalam Upacara Life Cycle dan Upacara pada Masyarakat Buton. Materi Seminar lokal tahun 2016.
Ningsih, I. F., Hutapea, N. M., & Roza, Y. 2023. Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Trigonometri Berbasis Etnomatematika Menggunakan Teori Nolting. MATHEMA JOURNAL E- ISSN 2686-5823 Volume 5 (2), 2023
Putra, R. Y., Alviyan, D. N., Arigiyati, T. A., & Kuncoro K. S. (2021). Etnomatematika pada bangunan Umbul Binangun Taman Sari dalam pembelajaran matematika materi geometri bidang datar. Ethnomathematics Journal, 2(1), 21-30. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36081
Rane, Z. A. 2018. Haroa dari Suku Muna dan Buton. Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa. Jakarta Timur: Rawamangun
Rosjanuardi, R., Wahyuni, S., & Wijayanti, I E. 2011. Aljabar. Universitas Terbuka: Indonesia
Saafi, L. M. N., & Mansyur, M. 2018. Makna dan filosofi Haroa dalam Tradisi Kebudayaan Buton. Laporan hasil penelitian Dosen Pemula, Pend. Sejarah FKIP Universitas Dayanu Ikhsanuddin. Tidak dipublikasikan.
Safitri, R. R., & Sulistyorini, Y. 2023. Studi Etnomatematika Geometri pada Artefak Peninggalan Sejarah di Kota Malang. MATHEMA JOURNAL E- ISSN 2686-5823 Volume 5 (2), Juli 2023
Santri, D. D., Hartono, Y., & Somakim. 2018. Pemodelan Matematika untuk Belajar Abstrak. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 6 No 3, November 2018
Sardin & Amaluddin. 2018. Integrasi Etnomatematik Budaya Pohamba-Hamba (Gotong Royong) Pada Pembuatan Talang Poromu (Talang Persatuan) Pada Masyarakat Adat Buton Kota Baubau. Jurnal Akademik Pendidikan Matematika FKIP Unidayan, Volume 4 - Nomor 2, November 2018, hal 131-141.
Sari, D.N., Hasratuddin, H., Fauzi, KMS. MA., & Syahputra, E., Simamora, E., & Sari, N. 2023. Etnomatematika mengintegrasikan pendidikan matematika realistik untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Siprus. 18 (2), 470-481. https://doi.org/10.18844/cjes.v18i2.8326
Soebagyo, J., & Haya, A.F. 2023. Eksplorasi Etnomatematika terhadap Masjid Jami Cikini Al- Ma’mur sebagai Media dalam Penyampaian Konsep Geometri. MATHEMA JOURNAL E- ISSN 2686-5823. Volume 5 (2), Juli 2023
Syamsudin, N., Afrilianto, M., & Rohaeti, E. 2018. Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cariu pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 313-324.
Wahyudin. 2019. Pengantar Aljabar Abstrak. Bandung: CV Delta Bawean
Wahyuni, Astri., Ayu Aji W T., & Budiman Sani. 2013. Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Makalah Dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan Tema “Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia yang Lebih Baik”. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY. https://eprints.uny.ac.id/10738/
Widana, W. 2021. Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450-462.
Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi etnomatematika pada Masjid Jami' Al-Baitul Amien Jember. Ethnomathematics Journal, 2(1), 11-20. https://doi.org/10.21831/ej.v2i1.36329
Yuniarti, T., Supriyono., Nugraheni, P., & Wasiman. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Bentuk Aljabar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. JIPM, 2020, Vol. 2 (No. 2), pp. 92-105
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3786
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License