Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Bangun Datar
Abstract
Abstrak
Matematika merupakan ilmu dasar pengetahuan yang mempunyai pengaruh cukup besar dalam berbagai aspek kehidupan. Kemampuan pemecahan masalah tidak dapat dipisahkan ketika belajar matematika. Salah satu soal yang dapat mengasah kemampuan pemecahan masalah yaitu soal dalam bentuk cerita. Soal cerita dirancang untuk menguji pemahaman siswa terhadap konsep matematika, kemampuan mereka dalam merumuskan dan menyelesaikan masalah, serta melatih keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Selain itu, kemampuan koneksi matematis penting untuk menilai kemampuan siswa dalam mengaplikasikan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan sampel siswa kelas 9 MTS AL Fadliliyah Darussalam Ciamis. Indikator pemecahan masalah menggunakan IDEAL problem solving dan indikator koneksi matematis dari NCTM (2000). Hasil yang didapatkan yaitu, terdapat 10 siswa yang dapat mengerjakan soal dengan tepat dan 12 siswa tidak tepat, dari total siswa 22. Siswa yang mempunyai kemampuan problem solving yang tinggi memiliki hasil yang tepat, namun siswa yang memiliki kemampuan rendah mendapatkan hasil tidak tepat. Hal ini dikarenakan siswa tidak terbiasa mendapatkan soal problem solving dan siswa tidak dapat mengkoneksikan dengan materi lain.
Kata kunci: IDEAL problem solving, pemecahan masalah, bangun datar, koneksi matematis
Full Text:
PDFReferences
Pemecahan Masalah Berbentuk Cerita pada Materi Segitiga dan Segiempat. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i2.9325
Avci, M., Yavuz, A., & Aidin, B. (2016). European Journal of Education Studies THE EFFECT OF THE SUCCESS IN TEACHING GEOMETRY OF. European Journal of Education Studies, 59–71.
Krulik, S. dan Reys, R. . (1980). Problem Solving in School Mathematics. NCTM.
Masrukhin. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Mibarda Publishing. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4878
NCTM. (2000). Principles And Standards Schools Mathematics. NCTM. https://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/
Polya, G. (1973). How to Solve It (2nd ed.). Princeton University Press. https://www.im.ufrj.br/~monica/funcoes/Polya.pdf
Pradini. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaika Soal Cerita Persamaan Linier Dua Variabel. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 14(1), 33–45. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/pg.v14i1.21481
Sarjiman. (2006). Peningkatan pemahaman rumus geometri melalui pendekatan realistik di sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, 1, 73–92. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/393/pdf
Soedjadji. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=hBwvissAAAAJ&citation_for_view=hBwvissAAAAJ:kNdYIx-mwKoC
Sugiyono, P. D. (2010). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantatif, Kualitatif dan R&D.
Sutisna. (2010). Matematika Pada Siswa Kelas Iv Mi Yapia Parung-Bogor 2010 M / 1431 H (Sutisna (ed.); 1st ed.). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3256/1/SUTISNA-FITK.pdf
Utami, R.W, & Dhoriva, U. W. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/Prefix 10.21831
Utami, R. W., Endaryanto, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 188.
Wahyu Aryanto, E., Bara Setiawan, T., Oktavianingtyas, E., & Jember Jl Kalimantan, U. (2018). Profil Kemampuan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Menurut David Keirsey. Kadikma, 9(2), 185–193.
Wahyuddin, W., & Ihsan, M. (2016). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Pada Siswa Kelas Vii Smp Muhammadiyah Se-Kota Makassar. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2213
Yanto, P., & Utari, S. (2007). Mengembangkan Kemampuan Penalaran dan Koneksi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Educationist, 2(2), 116–123.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.3646
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License