Pengembangan Soal AKM TIPE PISA pada Konteks Melemang Muara Enim Berbasis PMRI dan PJBL

Arbella Sri Marleny, Zulkardi Zulkardi, Ratu Ilma Indra Putri, Yusuf Hartono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal AKM tipe PISA untuk siswa SD menggunakan konteks melemang Muara Enim berbasis PMRI dan PJBL yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial. Metode penelitian yang digunakan adalah Design research tipe development study. Analisis data adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian berupa perangkat soal AKM tipe PISA menggunakan konteks melemang yang valid, praktis dan memlilki efek potensial sebanyak 7 butir soal. Valid dari segi konten, konstruk, dan bahasa berdasarkan penilaian validator, praktis berdasarkan uji coba small group dan memiliki efek potensial berdasarkan analisis hasil jawaban siswa dan angket pada field test. Bedasarkan hasil analisis diperoleh bahwa soal yang dikembangkan memiliki beberapa efek potensial, yaitu memunculkan pelibatan kemampuan dasar matematis yang beragam pada proses penyelesaiannya. Selain itu, juga mampu menarik minat dan memotivasi siswa sehingga tertantang menyelesaikan soal. Soal-soal ini juga memberikan stimulus kepada siswa untuk berpikir kritis menggunakan penalaran sendiri dalam penyelesaiannya.


Full Text:

PDF

References


Aminah, A., Hairida, H., & Hartoyo, A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8349-8358.

Ball, D. L., & Bass, H. (2003). Making mathematics reasonable in school. A research companion to principles and standards for school mathematics, 27-44.

Ermayani, L., Suarjana, I. M., & Parmiti, D. P. (2018). Analisis Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pecahan Sederhana. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(1), 9-17.

Gravemeijer, K., & Doorman, M. (1999). Context Problem in Realistic Mathematics Education: A Calculus Course as an Example. Educational Studies in Mathematics, 39, 111–129.

Fauziah, A., & Putri, R. I. I. (2022). Desain Pembelajaran PMRI Melalui Lesson Study pada Materi Menentukan Luas Permukaan Balok. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(2), 73–83.

Fendrik, M. (2017). Peningkatan Literasi Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 111-123.

Friansah, D., Adha, I., & Refianti, R. (2018). Pengembangkan Pocket Book Berbasis Pendekatan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(1), 1-11.

Jonassen, D. H., Tessmer, M., & Hannum, W. H. (1998). Task analysis methods for instructional design. Routledge.

Johnson, E. B. (2002). Contextual teaching and learning: What it is and why it's here to stay. Corwin Press.

Kilpatrick, J. (2001). Understanding mathematical literacy: The contribution of research. Educational studies in mathematics, 47(1), 101-116.

Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. Improving schools, 19(3), 267-277.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2018). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578. https://doi.org/10.12973/ejmste/76959

Made, S. I. (2018). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan siswa sekolah dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144-155.

Masaaki, S. (2012). Dialogue and collaboration in junior high schools. practice "learning community" third edition [In Bahasa]. Jakarta: Pelita.

OECD (2001), Knowledge and Skills for Life. First results from PISA 2000, OECD, Paris, 2001.

OECD (2002b) “Improving both quality and equity: insights from PISA 2000” in Education policy analysis 2002. OECD, Paris, pp. 35- 63.

OCSE (2003). The PISA 2003 assessment framework: Mathematics, Reading, Science and Problem Solving knowledge and skills, Paris, OECD Publications.OECD (2004a), Learning for tomorrow’s world. First results from PISA 2003, Paris, OECD.

OECD (2004b), Problem solving for tomorrow’s world. First measures of cross-curricular competencies from PISA 2003, PISA, OECD.

OECD (2004c), Education at a glance. OECD Indicators, OECD, Paris.

OECD and UNESCO Institute for Statistics (2003), Literacy Skills for the World of Tomorrow - Further results from PISA 2000, Paris, OECD.

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. (2019). Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 73-79.

Puspendik. (2021). Asesmen Kompetensi minimum. Retrieved 06 May, 2021, from https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rizta, A., Zulkardi, Z., & Hartono, Y. (2013). Pengembangan soal penalaran model TIMSS matematika SMP. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(2), 230-240.

Swaratifani, Y. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 14-19.

Wijaya, A., & Dewayani, S. (2021). Framework Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Badan Penelitian, Pengembangan, dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yani, Z. (2019). Nilai-Nilai Budaya dan Agama dalam Tradisi Melemang di Desa Karang Raja dan Desa Kepur, Muara Enim, Sumatera Selatan. Harmoni, 18(2), 103-115.

Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers (Doctoral dissertation, University of Twente, Enschede).




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88