Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP Negeri 4 Siak Hulu tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen (Eksperimen Semu). Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design dengan teknik purposive sampling. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Siak Hulu. Sampel dipilih kelas IX-4 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model Discovery Learning (DL) dengan 32 orang siswa dan kelas IX-5 sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan 32 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes prettest dan posttest. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data, yaitu Analisis Statistik Deskriptif dan analisis Inferensial, yaitu dengan uji-t. Dari data uji-t diperoleh thitung= 3,35 dan ttabel= 1,998 (thitung> ttabel). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajran Discovery Learning (DL) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas IX SMPN 4 Siak Hulu.
Full Text:
PDFReferences
Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Siswa. Researcgate, 2, 1–7.
Annisa Agustina (2018). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII dalam Penerapan Model Penemuan Terbimbing”, Letters of Mathematics Education. Vol.5, Nomor 1.
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasratuddin. 2014. Pembelajaran Metematika Sekarang dan yang Akan Datang Berbasis Karakter”, Jurnal Didaktik Matematika, Volum 1, Nomor 2.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama
Martono, Nanang. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahamaan Konsep Matematika Siswa. (2017).
Rezeki, S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Novick. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 281–291.
Rosmawati, R. R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Self-Confidence Siswa pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Pembelajaran Daring. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 275–290.
Sohilait, E. (2021). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 35–41.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, penerbit Alfabeta, Bandung.
Surur, M., Oktavia, S. T., Prodi, D., Ekonomi, P., Prodi, M., & Ekonomi, P. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Edutama, 6(1), 11–18.
Wahyuni, A., & Angraini, L. M. (2021). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Pemecahan Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2208–2217.
Yolanda, F. (2020). Pengaruh Pembelajaran Matematika Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linier. Jurnal JME. Vl. 4 No. 1 , pp. 55-63
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020a). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177.
Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Matematika Kontekstual. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 1–7.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3548
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License