STRATEGI PRE¬VIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R)PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Abstract
Hasil belajar yang kurang memuaskan merupakan indikasi strategi pembelajaran yang belum optimal serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Salah satu variasi strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu strategi pembelajaran PQ4R. Strategi ini digunakan untuk melihat efektivitas serta peningkatan pemahaman konsep matematika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 8 Bandarlampung. Melalui teknik Cluster Random Sampling terpilih kelas VII E dan VII F sebagai sampel penelitian. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata pemahaman konsep siswa, rata-rata pencapaian indikator serta rata-rata peningkatannya pada pembelajaran PQ4R lebih baik. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi PQ4R efektif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License