STRATEGI PRE¬VIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R)PADA PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

Marchamah Ulfa

Abstract


Hasil belajar yang kurang memuaskan merupakan indikasi strategi pembelajaran yang belum optimal serta kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diberikan. Salah satu variasi strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kemam­pu­an pemahaman konsep siswa yaitu strategi pembelajaran PQ4R. Strategi ini diguna­kan untuk melihat efektivitas serta peningkatan pemaham­an konsep matematika siswa jika dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa SMP Negeri 8 Bandarlampung. Melalui teknik Cluster Random Sampling terpilih kelas VII E dan VII F sebagai sampel penelitian. Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata pemahaman konsep siswa, rata-rata pencapaian indikator serta rata-rata peningkatannya pada pem­belajaran PQ4R lebih baik. Sehingga dapatdisimpulkan bahwa pembelajaran dengan strategi PQ4R efektif dalam meningkatkan kemam­puan pemahaman konsep matematis siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.