PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA DENGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Putri Sukma Dewi, Hendy Windya Septa

Abstract


Kemampuan pemecahan masaalah dan disposisi matematis merupakan kemampuan berpikir dan sikap matematis yang harus dimiliki siswa.  Melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi mate­­matis siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen semu, yaitu pretest-posttest control group design dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Padangcermin tahun pelajaran 2013/2014. Melalui teknik Purposive Random Sampling diperoleh kelas VII.A dan VII.B sebagai sampel penelitian. Analisis data yang digunakan adalah tes parametrik. Ber­da­sar­kan analisis data, diperoleh bahwa peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memperoleh PBM lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pem­be­la­ja­ran konvensional. Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh PBM lebih tinggi dari siswa yang memperoleh pem­be­la­ja­ran konvensional. Sehingga disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan disposisi mate­ma­tis sis­wa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.