Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender

Kharisma Wahyuningtiyas, Sudirman Sudirman, Subanji Subanji

Abstract


Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan yang harus dikembangkan dan harus dimiliki seseorang dalam penyelidikan dimana melibatkan Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, dan Self-Regulation. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dimana metode ini digunakan untuk menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika ditinjau dari perbedaan gender. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 4 Malang kelas akselerasi yang berjumlah 30 siswa, 20 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki, setelah melalui pertimbangan diambil subjek  berdasarkan gender yaitu dua siswa laki-laki dan dua siswa perempuan yang dianalisis dengan perbandingan tetap. Teknik dalam pengumpulan data adalah observasi, tes dan wawancara. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa perempuan dan siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah matematika dimana siswa perempuan mampu memenuhi keterampilan berpikir kritis secara baik dan rinci sehingga memenuhi indikator Interpretation, Analysis, Evaluation, Inference, Explanation, dan Self-Regulation. Sedang siswa laki-laki dalam menyelesaikan masalah tidak terlalu rinci dan tidak melakukan pengecekan dikarenakan siswa laki-laki lebih memikirkan pekerjaan yang praktis dan lebih berfokus ke hasil akhir sehingga dalam keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki hanya memenuhi indikator Interpretation, Analysis, Evaluation dan Inference.


Full Text:

PDF

References


Bowel, T & Kemp, G. (2010). Critical Thinking a Concice Guide 3 Edition. In New York : Routledge.

Butterwoth, J & Thwaites, G. (2013). Thinking skill: Critical Thinking and Problem Solving 2 edition. Cambridge: Cambridge University Press.

Colley, B. M., Bilics, A. R., & Lerch, C. M. (2012). The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning Reflection: A Key Component to Thinking Critically Reflection: A Key Component to Thinking Critically. The Canadian Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 3(1), 1–19. http://ir.lib.uwo.ca/cjsotl_rcacea%5Cnhttp://dx.doi.org/10.5206/cjsotl-rcacea.2012.1.2%5Cnhttp://ir.lib.uwo.ca/cjsotl_rcacea/vol3/iss1/2

Cresw. (2007). Critical Thinking and Informal Logic. Trril: Philosophy Insight.

Danaryanti, A., & Lestari, A. T. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis dalam matematika mengacu pada watson-glaser critical thinking appraisal pada siswa kelas VIII SMP negeri di banjarmasin tengah tahun pelajaran 2016/2017. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 116–126.

Ennis, R. . (1996). Critical Thinking Dispositions: Their Nature adn Assesability Informal Logic (pp. 165–182).

Facione. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Count. Peter A. Facione, Measured Reasons LLC.

Facione, P. a. (1990). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. Research Findings and Recommendations.

Facione, P. A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why IT Counts. California: Meadured Reasons and The California Academic P.

Hardy, Hudiono, B., & Rahjiin, M. (2015). Pengaruh Gender dan Strategi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(9), 1–14.

Haref, H. T. L. & D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal.

Johnson, D.A. & Rising, G. . (1972). Guidelines for Teach_ing Mathematics. In Johnson, D.A. & Rising, G. . (1972). Guidelines for Teach_ing Mathematics. In Boston, Wadsworth Publishing Company.oston, Wadsworth Publishing Company.

Juliyantika, T., & Batubara, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(3), 4731–4744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2869

Khafidhoh Nurul Aini. (2017). Proses Berpikir Mahasiswa Laki-Laki Dan Perempuan Dengan Gaya Kognitif Field Independent Dalam Memecahkan Masalah. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, Volume 3,.

Kusgiarohmah, P. A., Sudirman, S., & Rahardjo, S. (2022). Kemampuan Representasi Simbolik Mahasiswa Calon Guru dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 560–571. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1135

Leach, B. T. and G. W. (2011). Critical Thinking Skills as Related to University Students’ Gender and Academic Discipline. Nternational Journal of Humanities and Social Science, Vol. 1 No.

Lestari, T. P. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (Hots) Ditinjau Dari Jenis Kelamin. MATHEdunesa, 9(3), 570–578. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n3.p570-578

Mardiyah, M. &. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Dasar, 7.

Marfuah, I., Subanti, S., & Magister Pendidikan Matematika, P. (2016). Proses Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Kelas Ix B Smp Negeri 2 Surakarta. 4(7), 622–632. http://jurnal.fkip.uns.ac.id

Mason. J, D. (n.d.). Thinking Mathematically: Second Edition (p. 2010). Boston: Pearson Education.

Miles, M. B. and A. M. H. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). UI Press.

Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Moyer, L. A., Wells, J. G., Ernst, J., Jones, B., & Parkes, K. (2016). Engaging Students in 21 st Century Skills through Non-Formal Learning. https://vtechworks.lib.vt.edu/bitstream/handle/10919/70949/Moyer_LA_D_2016.pdf;sequence=1

Mujib. (2017). Kemampuan Berpiki Kritis Matematis Berdasarkan Kecerdasan Multiple Intelligences. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8, 187–196.

Polya, G. (1978). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref

Rogovaya, O., Larchenkova, L., & Gavronskaya, Y. (2019). Critical thinking in STEM (Science, technology, engineering, and mathematics). Utopia y Praxis Latinoamericana, 24(Extra6), 32–41.

S Syafril, N R Aini, Netriwati, A Pahrudin, N. E. Y., & Engkizar. (2020). Spirit of Mathematics Critical Thinking Skills ( CTS ). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012069

Seifi, M., Haghverdi, M., & Azizmohamadi, F. (2012). Recognition of Students’ Difficulties in Solving Mathematical Word Problems from the Viewpoint of Teachers Contextual and Conceptual Rewording View project. Journal of Basic and Applied Scientific Research, 2(3), 2923–2928.

Susilowati, J. P. A. (2016). Profil Penalaran Siswa Smp Dalam Pemecahan. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(2), 132–148.

Tindowen, D. J. C., Bassig, J. M., & Cagurangan, J. A. (2017). Twenty-First-Century Skills of Alternative Learning System Learners. SAGE Open, 7(3), 1–8. https://doi.org/10.1177/2158244017726116

Ulfiana, E., Mardiyana, & Triyanto. (2019). The students’ mathematical critical thinking skill ability in solving mathematical problems. Journal of Physics: Conference Series, 1180(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1180/1/012015

Zetriulista,Hj., Ariawan, R. & H. (2016). Student Critical Thinking Ability: Describtion Based on Academic Level and gender. Journal of Education and Pratice, 7(12), 154–164.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3516

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88