BERPIKIR LATERAL SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Nicky Dwi Puspaningtyas

Abstract


Berpikir lateral adalah berpikir yang ditunjukan dengan mampu mencari berbagai alternatif penyelesaian masalah yang mungkin dilakukan dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan berpikir ini sangatlah penting untuk dimiliki oleh siswa karena siswa dapat membangun banyak ide melalui berpikir lateral. Observasi dilakukan kepada tiga siswa kelas V SDIT Baitul Jannah Bandar Lampung. Ketiga subjek memiliki kemampuan matematika yang relatif sama. Subjek kemudian diberi tugas menyelesaikan masalah matematika yang terdiri dari dua soal open-ended. Dari hasil penyelesaian masalah, terlihat subjek pertama mulai menunjukkan kemampuan berpikir lateral, namun masih harus distimulus agar siswa tersebut bisa memiliki kemampuan berpikir lateral. Sedangkan dua subjek lainnya terlihat memiliki kemampuan berpikir vertikal dan belum memiliki kemampuan berpikir lateral. Kemampuan berpikir lateral dapat dilatih dengan stimulus ataupun bantuan dari luar. Oleh karena itu, sebaiknya guru melatih kemampuan berpikir ini kepada siswa melalui proses pembelajaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.