Problem Based Learning: Solusi Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Erza Mulia Agustin, Titi Solfitri, Rini Dian Anggraini

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Problem Based Learning (PBL) telah dilakukan terhadap 26 orang peserta didik kelas VII.3 SMP Islam As-Shofa Pekanbaru sebagai subjek dengan tujuan untuk perbaikan proses pembelajaran dan meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis (KPMM). Perolehan data melalui instrumen penelitian (silabus, RPP, dan LKPD) dan instrumen pengumpulan data (lembar pengamatan dan tes KPMM peserta didik). Indikator KPMM dalam penelitian ini meliputi memahami masalah, merencanakan pemecahan, melaksanan rencana dan menafsirkan hasil. Dua siklus PTK melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi memberikan peningkatan skor rerata tes KPMM dari 64,34 pada siklus I menjadi 77,50 pada siklus II. Hasil ini menggambarkan bahwa bahwa PBL dapat membuat KPMM peserta didik meningkat kelas VII.3 SMP Islam As-Shofa Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


Adilia, M., Supriyanto., & Safitri, S. (2017). Pengaruh Penerapan Media Cetak Berbasis Leaflet Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas X SMA Negeri 1 Indralaya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.36706/jc.v6i2.5321

Andesma, T., & Anggraini, R. D. (2019). Penerapan Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas X Tkr 1 Smk Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.33578/prinsip.v2i1.35

Arikunto. S, Suhardjono., & S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Depdiknas. (2014a). Permendikbud Republik Indonesia Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan MenengahNo Title.

Depdiknas. (2014b). Permendikbud Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Depdiknas. (2016). No TitlePermendikbud Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Fathurrahman, M. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media.

fatimah siti, ikhsan & husna. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (Tps). Jurnal Peluang, 1(2), 81–92.

Goenawan, R., & Sri, H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSDe. Remaja Rosdakarya.

Hendriana, H., Rhaerti, E, E., & Utari, S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Refika Aditama.

Kartika, H. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Concept Calon Guru Di Kabupaten Karawang Melalui Pendekatan Open-Ended. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(2), 198. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i2.863

Kependidikan, D. J. G. dan T. (2017). Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Kemendikbud.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Murni, A., Education, M., Program, S., & Education, T. (2018). IMPROVING THE MATHEMATICAL PROBLEM SOLVING ABILITY OF FIRST GRADE STUDENTS IN SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU THROUGH PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN. JOM FKIP, 5, 1–15. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/view/20388

Nikmah, Z. (2022). Studi Komparatif Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Program Kelas dan Gaya Belajar di SMP 2 Jekulo. Institut Agama Islam Negeri Kudus. http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/7012

Nurmala. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SDN Mangkura 4 Kota Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Putra, J., & Yulita. (2019). Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas Xii Mipa2 Sman 12 Pekanbaru. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(2), 78–88. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i2.32

Qamardhani, N. A., & Surya, E. (2018). Efektivitas Penggunaan Metode Guided Discovery dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Nasional SINASTEKMAPAN (E-Journal ) 2018, I(November), 1242–1249.

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut., 5(2), 155.

Suprihatiningrum, J. (2013). No TitleStrategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media.

Wulandari, B., & Surjono, H. D. (2013). Pengaruh problem-based learning terhadap hasil belajar ditinjau dari motivasi belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178–191. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i2.1600




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/slot gacor thailand