DESAIN PEMBELAJARAN PMRI MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN MENGGUNAKAN KONTEKS KERETAK GETAS

Yudi Yunika Putra, Rajab Vebrian

Abstract


Penggunaan konteks yang sering ditemui oleh siswa sangat baik diterapkan dalam proses pembelajaran matematika karena selain siswa belajar tentang materi matematika siswa akan mengenal lebih jauh tentang konteks tersebut. Selain itu, penggunaan konteks dalam pembelajaran matematika dapat membantu siswa mengimplementasikan matematika dalam menyelesaikan permasalahan konteks sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan lintasan belajar materi operasi hitung bilangan menggunakan konteks keretak getas berbasis pendekatan PMRI. Metode penelitian ini merupakan penelitian design research, dugaan lintasan belajar (Hypothetical Learning Trajectory) dikembangkan dari serangkaian aktivitas pembelajaran materi operasi hitung bilangan menggunakan konteks keretak getas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD STKIP Muhammadiyah Bangka Belitung yang berjumlah 24 siswa. Aktivitas pembelajaran yang dilakukan oleh siswa tentang operasi hitung bilangan yang meliputi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa melalui serangkaian aktivitas yang telah dilakukan dapat membantu siswa dalam mempelajari operasi hitung bilangan baik penjumlahan maupun pengurangan.


Full Text:

PDF

References


Referensi

Gravemeijer, K., & Cobb, P. 2006. Design Research from A Learning Design Perspective. Dalam Jvd. Akker, K. Gravemeijer, S. Mckenney, & N. Nieveen (Penyunting), Educational Design Research (17-51). London: Routledge Taylor and Francis Group.

Gravemeijer, K., & Eerde, D.V. 2009. Design Research as a Means for Building a Knowledge Base for Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal, 109(5), 510-524.

Putra, Y.Y., Zulkardi., & Hartono, Y. 2016. Pengembangan Soal Matematika Model PISA Menggunakan Konteks Lampung. Jurnal Kreano,7(1): 10-16.

Trisnaswati, D., Putri, R.I.I., Santoso, B. 2015. Desain Pembelajaran Materi Luas Permukaan Prisma Menggunakan Pendekatan PMRI bagi Siswa Kelas VIII. Jurnal Kreano, 6(1): 76-85

Ugi, E.L., Djadir., Darwis, M. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Pada Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat Dan Alternatif Pemecahannya. Jurnal Daya Matematis, 4 (1) : 34-50

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik. Yogyakarta : Graha Ilmu

Zulkardi. 2005. Pendidikan Matematika di Indonesia : Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Disampaikan pada Rapat Khusus Terbuka Senat Unsri September 2005. Palembang : Percetakan Unsri.

Zulkardi, & Putri, R. I. 2010. Pengembangan Blog Support untuk Membantu Siswa dan Guru Matematika Indonesia Belajar Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Inovasi Perekayasa Pendidikan (JIPP) , 1-24


Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Creative Commons License

Jurnal Mathema is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright © 2021 Mathema : Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN:  2686-5823, P-ISSN: 2722-1466)
Mathematics Education Department, Faculty of Arts and Education.
Universitas Teknokrat Indonesia
All rights reserved.