Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Trigonometri Berdasarkan Newman
Abstract
Siswa kurang memiliki keterampilan dalam memahami pertanyaan, terutama memahami pertanyaan yang berkaitan dengan cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita trigonometri berdasarkan Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek penelitian. Informan pada penelitian ini adalah 9 siswa dengan kategori nilai tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi. Instrumen utama pada penelitian ini adalah peneliti itu sendiri, sedangkan instrumen pendukungnya adalah soal tes, pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Kesimpulan pada penelitian ini adalah informan yang memiliki nilai kategori tinggi melakukan kesalahan pada tahap penulisan jawaban akhir karena kurangnya ketelitian saat menyelesaikan soal trigonometri yang diberikan. Selanjutnya informan yang memiliki nilai kategori sedang melakukan kesalahan pada tahap keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir karena kurangnya keterampilan saat menyelesaikan soal cerita trigonometri. Selanjutnya informan yang memiliki nilai kategori rendah melakukan kesalahan pada tahap transformasi, keterampilan proses dan penulisan jawaban akhir karena kurangnya pemahaman pada materi, keterampilan dan ketelitian saat menyelesaikan soal cerita trigonometri yang diberikan.
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings, 1(1), 173–186.
Alhamid, T. (2019). INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA. Sekolah Tinggi Agama Islam Negri Sorong, 4(1), 88–100.
Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Abk (Tuna Rungu) Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162
Asifa, S. N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Madrasah Aliyah (Ma) Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri. Sigma, 5(2), 49. https://doi.org/10.36513/sigma.v5i2.733
Baharuddin, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Berdasarkan Newman Kelas X SMA Barrang Lompo. Skripsi. Pendidikan Matematika. FKIP. Universitas Muhammadiyah Makasar.
Budiana, S., & Kamil, M. N. (2021). Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA PGRI 4 Kota Bogor pembelajaran Bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan keterampilan siswa Di dalam Bahasa Indonesia mencangkup pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan, 1, 52–64.
Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3550
Hartiningrum, E. S. N., Maarif, S., & Wijayanti, A. (2020). Profil Kreativitas Siswa Feminim Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Open Ended Berdasarkan Kemampuan Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(1), 45–58. https://doi.org/10.25139/smj.v8i1.2461
Hidayati, R. (2019). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat siswa SMK Kesehatan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 93–100. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.524
Jun, V., Hariyani, S., & Retno Murniasih, T. (2022). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Penyelesaian Soal Cerita Teorema Pythagoras berdasarkan Teori Newman. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 139–152. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.3722
Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman’s Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal Paradikma, 8(1), 37–51. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/paradikma/article/view/3352
Khatimah, H., Kartika, I. M., & Santika, I. G. N. (2022). Pengaruh Implementasi Pendidikan Karakter Terhadap Sikap Sosial Pada Siswa. Widya Accarya, 13(2), 127–132. https://doi.org/10.46650/wa.13.2.1266.127-132
Lutvaidah, U., & Hidayat, R. (2019). Pengaruh Ketelitian Membaca Soal Cerita terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 4(2), 179. https://doi.org/10.30998/jkpm.v4i2.4189
Magfirah, M., Maidiyah, E., & Suryawati, S. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Prosedur Newman. Lentera Sriwijaya : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 1–12. https://doi.org/10.36706/jls.v1i2.9707
Noerhasmalina, N., Astuti, R., Nurmitasari, N., & Wijayanti, N. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal logaritma. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 57–63. https://doi.org/10.38114/riemann.v3i2.149
Noviantari, P. S. (2022). Analisis Kesalahan Dalam Mengerjakan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Pola Bilangan Smpn 1 Blahbatuh Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 12(2), 1–10. https://doi.org/10.23887/jjpm.v12i2.33318
Putri, S. M. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 4(1), 21. https://doi.org/10.24269/silogisme.v4i1.1368
Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495
Robiah, S. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Kelas XII dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Limit Fungsi Analysis of the Difficulty of Class XII Students in Solving Problems in the Material Limit Function. JURNAL EQUATION, 3.
Setiawan, E., & Jusniani, N. (2021). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Interpolasi Berdasarkan Analisis Kesalahan Newman. Prisma, 10(2), 221. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1596
Suendarti, M., & Liberna, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perbandingan Trigonometri Pada Siswa SMA. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 326. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4917
Zalima, E. I., Njanji, F. P., Lasmiatik, L., Agustina, L., & Dela, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Pada Bilangan Pecahan Campuran. Prismatika: Jurnal Pendidikan Dan Riset Matematika, 2(2), 46–54. https://doi.org/10.33503/prismatika.v2i2.658
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3417
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License