Validasi Video Cyber Pedagogy untuk Program Kuliah Pendidikan STEM

Nur Agustiani, Setiono Setiono, Sistiana Windyariani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validasi media pembelajaran untuk program kuliah STEM yang berupa video pada topik cyber pedagogy. Pengembangan media video pembelajaran ini terdiri dari tiga tahap, yaitu Planning, Design, Development. Produk pada penelitian ini adalah video pada materi cyber pedagogy untuk program kuliah STEM. Validasi video ini melibatkan lima orang validator untuk mengukur kelayakan dari segi materi, media, dan bahasa. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi berbentuk skala Likert terhadap video pembelajaran. Adapun penelitian ini menghasilkan video pembelajaran pada materi cyber pedagogy dengan hasil validasi materi 92,5%, validasi media 94,2%, dan validasi bahasa 90% dengan kriteria ketiganya sangat valid. Berdasarkan penilaian dari segi materi, media, dan bahasa, video yang dikembangkan layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Afandi, Sajidan, Akhyar, M., & Suryani, N. (2019). Development frameworks of the Indonesian partnership 21 st -century skills standards for prospective science teachers: A Delphi study. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v8i1.11647

Anisah, A., Aziz, S. S., & Bowo, F. A. (2021). Pengaruh Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Siswa. Manajerial, 15(1).

Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4). https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Bashooir, K., & Supahar, S. (2018). Validitas dan reliabilitas instrumen asesmen kinerja literasi sains pelajaran fisika berbasis STEM. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(2), 219–230. https://doi.org/10.21831/pep.v22i2.19590

Chrisyarani, D. D., & Yasa, A. D. (2018). Validasi modul pembelajaran: Materi dan desain tematik berbasis PPK. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 206. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3207

Dare, E. A., Ellis, J. A., & Roehrig, G. H. (2018). Understanding science teachers’ implementations of integrated STEM curricular units through a phenomenological multiple case study. International Journal of STEM Education, 5(1). https://doi.org/10.1186/s40594-018-0101-z

Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). STEM : Inovasi Dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1).

Geiger, V., Muir, T., & Lamb, J. (2016). Video-stimulated recall as a catalyst for teacher professional learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 19(5). https://doi.org/10.1007/s10857-015-9306-y

Leung, A. (2020). Boundary crossing pedagogy in STEM education. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00212-9

MacNeill, & Silcox, S. (2003). Pedagogic leadership: putting professional agency back into learning and teaching. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:153816799

Mildenhall, P., Cowie, B., & Sherriff, B. (2019). A STEM extended learning project to raise awareness of social justice in a Year 3 primary classroom. International Journal of Science Education, 41(4). https://doi.org/10.1080/09500693.2018.1560514

Mudiono, A., Akbar, S., Dwi Yasa, A., & Delawanti Chrisyarani, D. (2017). Developing Multiple Intelligences-Based Thematic Comic Module. Pancaran Pendidikan, 6(4). https://doi.org/10.25037/pancaran.v6i4.111

Mynbayeva, A., Sadvakassova, Z., & Akshalova, B. (2018). Pedagogy of the Twenty-First Century: Innovative Teaching Methods. In New Pedagogical Challenges in the 21st Century - Contributions of Research in Education. https://doi.org/10.5772/intechopen.72341

Nuraini, E. (2021). ANALISIS KOMPETENSI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SMP NEGERI 1 KALASAN. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi ….

Paramitha, D. (2019). Optimizing the Use of Video to Enhance the Students’ Motivation in Learning English. Advancing Knowledge and The Knowledge Economy.

Pirhonen, J., & Rasi, P. (2017). Student-generated instructional videos facilitate learning through positive emotions. Journal of Biological Education, 51(3). https://doi.org/10.1080/00219266.2016.1200647

Prayetno, P., Iqbal, M., Jamaludin, J., & Pinem, W. (2022). Layang Teacher Platform in the Cyber Pedagogy Room. Eduvest - Journal Of Universal Studies, 2(3). https://doi.org/10.36418/edv.v2i3.390

Prestridge, S. (2017). Examining the shaping of teachers’ pedagogical orientation for the use of technology. Technology, Pedagogy and Education, 26(4). https://doi.org/10.1080/1475939X.2016.1258369

Putra, R. S., & Irwansyah. (2020). Media Komunikasi Digital, Efektif Namun Tidak Efisien, Studi Media Richness Theory dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi di Masa Pandemi. Global Komunikasi, 1(2).

Rachmavita, F. P. (2020). Interactive media-based video animation and student learning motivation in mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 1663(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012040

Rahmatina, C. A., Jannah, M., & Annisa, F. (2020). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS) DI SMA/MA. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 1(1). https://doi.org/10.22373/p-jpft.v1i1.6531

Ramadhan, I., Manisah, A., Angraini, D. A., Maulida, D., Sana, S., & Hafiza, N. (2022). Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2200

Rochimah, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Video Animasi Pada Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Segitiga Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Sumberagung Peterongan Jombang. Skripsi.

Setiani, A., Lukman, H. S., & Agustiani, N. (2022). Validitas Media Pembelajaran Matematika Berbentuk Video pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel. PRISMA, 11(2). https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2523

Setiono, S. (2021a). Analisis Respon Mahasiswa dalam Pembelajaran Online Berbasis Aktifitas di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.36232/pendidikan.v9i2.1095

Setiono, S. (2021b). CONCEPTUAL FRAMEWORK OF INQUIRY-BASED PRACTICAL WORK THROUGH ONLINE LEARNING. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1). https://doi.org/10.26877/jie.v1i1.7962

Subayani, N. W. (2022). Implementasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) dalam kurikulum PGSD. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28(2(1)).

Sutaphan, S., & Yuenyong, C. (2023). Enhancing grade eight students’ creative thinking in the water STEM education learning unit. Cakrawala Pendidikan, 42(1). https://doi.org/10.21831/cp.v42i1.36621

Yata, C., Ohtani, T., & Isobe, M. (2020). Conceptual framework of STEM based on Japanese subject principles. International Journal of STEM Education, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40594-020-00205-8

Zakeri, N. N. binti, Hidayat, R., Sabri, N. A. binti M., Yaakub, N. F. binti, Balachandran, K. S., & Azizan, N. I. binti. (2022). Creative methods in STEM for secondary school students: Systematic literature review. Contemporary Mathematics and Science Education, 4(1). https://doi.org/10.30935/conmaths/12601

Zein, L. S. H., Setiono, S., & Windyariani, S. (2022). Pengaruh Pendekatan STEMA Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VIII SMP Pada Materi Sistem Pencernaan. BIODIK, 8(2). https://doi.org/10.22437/bio.v8i2.16990




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3393

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88