Analisis Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel

Rizki Mahajani, Evi Hulukati, Franky Alfrits Oroh

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi agar mengetahui bagaimana kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal Higher Order Thingking Skills (HOTS) Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMA Negeri 1 Tilamuta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jenis deskriptif. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Tilamuta pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelititan ini adalah 6 siswa kelas X.1 SMA Negeri 1 Tilamuta, yang berasal dari siswa berkemampuan tinggi, siswa berkemampuan sedang, dan siswa berkemampuan rendah.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan literasi matematika siswa dalam menyelesaikan soal higher order thingking skills pada mateeri sistem persamaan linier tiga variabel secara keseluruhan sebesaar 77,96% dengan tingkat kategori tinggi terdiri dari 3 orang siswa dengan persentasi kemampuan sebesar 95,24%. Pada kemampuan sedang terdiri dari 23 orang siswa dengan persentasi kemampuan 83,15%, dan pada kategori rendah terdiri dari 4 orang siswa dengan persentasi kemampuan 55,50%.

Kata Kunci: Kemampuan Literasi Matematika, Soal HOTS

Full Text:

PDF

References


Aliyanti, A. P., Putri, O. R. U., & Zukhrufurrohmah. (2019). Analisis Kesalahan Representasi Simbolik Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal High Order Thinking Skill. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 382. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2265

Amam, A. (2017). PENILAIAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. TEOREMA, 2(1), 39. https://doi.org/10.25157/.v2i1.765

Anwar, A., Takaendengan, B. R., Nirwana, L., & James, J. (2022). Analisis Kecerdasan Spasial Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Geometri Berdasarkan Tingkat Berpikir Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (Judika Education), 5(2), 116–125. https://doi.org/10.31539/judika.v5i2.4778

Asriyati, N., & Hulukati, E. (2022). Kemampuan Literasi Numerasi Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Asriyati Nadjamuddin 1  , Evi Hulukati 2. Jurnalbasicedu, 6(1), 987–996.

Fathani, A. H. (2016). Rahmah Johar. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaa”. Jurnal EduSains, 4(2), 136–150.

Lindawati, S. (2018). Literasi Matematika Dalam Proses Belajar Matematika Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.33578/prinsip.v1i1.18

Majid, Gumilangit, F., & Achmad, N. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan di SMP Negeri 3 Gorontalo. JEMS: Jurnal Edukasi …, 11(2), 476–485. https://doi.org/10.25273/jems.v11i2.15684

Numberi, M. M., Mohidin, A. D., Oroh, F. A., & Majid. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Relasi dan Fungsi. Prisma, 11(1), 82. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2000

Nurlaili, N., Fauzan, A., Yerizon, Y., Musdi, E., & Syarifuddin, H. (2022). Analisis Literasi Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus Integral. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 3228–3240. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1734

Paputungan, I., & Mohidin, A. D. (2023). Analisis Pemahaman Matematika dalam Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Pada Materi Segiempat. Research in the Mathematical and Natural Sciences, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.55657/rmns.v2i1.71

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5.

Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.3387

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/