Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Aljabar dengan Tahapan Kastolan

Nurul Haslina Wismayanti, Retno Marsitin, Djoko Adi Susilo

Abstract


Tujuan dilakukan penelitian ini agar kesalahan peserta didik dapat dideskripsikan dengan tahapan kastolan dalam penyelesaian soal aljabar di kelas 8 SMP tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti mengambil 3 subjek dalam penelitian ini. Data dikumpulkan dari tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan akan dianalasis dengan mereduksi data yang kemudian data akan disajikan dan ditarik kesimpulan. Penelitian ini berhasil menunjukkan kesalahan memahami konsep (diketahui, ditanyakan, dan memisalkan) penyelesaian yang dilakukan subjek konseptual. Subjek prosedural melakukan kesalahan dengan tidak tepatnya menggunakan langkah penyelesaian dan tidak dapat menyelesaikan soal hingga tahap akhir, sedangkan subjek teknik melakukan kesalahan dalam prosedur perhitungan dan pemindahan (variabel, koefisien, dan konstanta). Penyebab dilakukannya kesalahan tersebut ialah tergesa-gesa saat mengerjakan soal, lupa pada materi, tidak tahu langkah penyelesaian yang digunakan serta ketelitian dalam perhitungan masih kurang. Jadi, subjek konseptual mampu menjawab soal hingga tahap akhir, langkah-langkah penyelesaian subjek prosedural tidak tepat dan subjek teknik kurang mampu melakukan operasi perhitungan dengan tepat. Diharapkan hasil penelitian dapat dipertimbangkan bagi para pendidik saat membuat strategi pembelajaran yang inovatif.

 


Full Text:

PDF

References


Ayuningsih, R., Setyowati, R. D., & Utami, R. E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linear Berdasarkan Teori Kesalahan Kastolan. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(6). https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.6790

Barir, B., Rahmawati, N. D., & Rasiman, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(6). https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i6.7919

Drijvers, P., Goddijn, A., & Kindt, M. (2011). Algebra Education: Exploring Topics and Themes. In Secondary Algebra Education. https://doi.org/10.1007/978-94-6091-334-1_1

Fajriyati Afdila, N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berdasarkan Tahapan Kastolan. Jurnal LEMMA, 5(1). https://doi.org/10.22202/jl.2018.v5i1.3383

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 4(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306

Fitriyah, N., Pertiwi, C. M., & Yuliani, A. (2022). Analisis kesalahan siswa SMK dalam menyelesaikan soal materi logaritma berdasarkan prosedur kastolan. Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5).

Komariah, D. S. & A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 3.

Kosasih, N. Z. (2020). Analisis Berpikir Aljabar dan Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah pada Materi SPLDV. Jurnal Fibonaci: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.24114/jfi.v1i2.21901

Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3). https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737

Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Marisa, G., Syaiful, S., & Hariyadi, B. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Aljabar Berdasarkan Taksonomi SOLO. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9971

Marsitin, R. (2018). Kemampuan Penalaran Matematik dalam Pembelajaran Discovery Berbasis Mind Map pada Fungsi Kompleks. Jurnal Tadris Matematika, 1(1), 55–64. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/jtm/article/view/1063

Marsitin, R., & Sesanti, N. R. (2019). Kemampuan berpikir matematis dalam pembelajaran discovery link map pada integral. Conference on Innovation and Application of Science and Technologi, Ciastech. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1096/899

Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687

Najwa, W. A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Bulat Berdasarkan Teori Kastolan. Jurnal Sekolah Dasar, 6(1). https://doi.org/10.36805/jurnalsekolahdasar.v6i1.1288

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. In School Science and Mathematics.

Novitasari, Z. D., & Fitriani, N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa pada Persamaan Garis Lurus Berdasarkan Tahapan Kastolan. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4).

Putri Aulia, Y., & Sutriyono, S. (2018). Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa SMP Kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1). https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.279

Putri, O. O., & Roesdiana, L. (2023). Analisis kesalahan siswa pada materi aljabar ditinjau dari kemampuan pemahaman konsep matematis. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(2).

Raharti, A. D., & Yunianta, T. N. H. (2020). Identifikasi Kesalahan Matematika Siswa Smp Berdasarkan Tahapan Kastolan. Journal of Honai Math, 3(1). https://doi.org/10.30862/jhm.v3i1.114

Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.639

Ramadhini, D. A., & Kowiyah, K. (2022). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Kecepatan Menggunakan Teori Kastolan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1581

Rina, R., & Bernard, M. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.870

Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas VII. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6). https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1135-1142

Sundari, S., & Wulantina, E. (2022). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar. Linear: Journal of Mathematics Education, 3(2). https://doi.org/10.32332/linear.v3i2.4858

Walle, J. A. Van de, Karp, K. S., Bay-Williams, J. M., McGarvey, L. M., Sandra, F., & Wray, J. (2016). Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally. In Pearson Education, Inc. (Vol. 10, Issue 5).

Yulanda, R., & Yarman. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4).




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88