Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Program Linear Berdasarkan Kriteria Newman

Dasa Ismaimuza, Mustamin Idris, Anni Syakhiyatur Rosyidah, Sutji Rochaminah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal program linear berdasarkan kriteria kesalahan Newman serta faktor penyebab kesalahanya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 MAN Sigi, berdasarkan 5 kriteria penentuan subjek dipilih 1 siswa yaitu MT. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes berupa tes tertulis materi program linear untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dan wawancara untuk mengkonfirmasi kesalahan siswa serta mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa. Hasil penelitian menunjukkan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal program linear yaitu:1) Kesalahan membaca, yakni siswa tidak dapat membaca informasi penting pada soal. Kesalahan tersebut disebabkan karena lupa. 2) Kesalahan memahami masalah, yakni siswa keliru dalam memahami informasi yang diketahui dan ditanyakan oleh soal. Kesalahan tersebut disebabkan karena kesulitan memahami masalah dalam soal. 3) Kesalahan transformasi, yakni keliru dalam mengubah informasi yang ada pada soal ke model matematika pada fungsi kendalanya. Kesalahan tersebut disebabkan karena tidak memahami konsep materi yang dipelajari. 4) Kesalahan keterampilan proses, yakni keliru dalam melakukan proses penyelesaian pada langkah-langkah penyelesaian soal dan keliru menjalankan tahapan-tahapan operasi hitung yang digunakan untuk menyelesaikan soal. Kesalahan tersebut disebabkan karena  kurang teliti, tidak memahami konsep materi yang dipelajari seperti menentukan daerah penyelesaian dari sebuah grafik, eliminasi/subtitusi, menentukan titik pojok () dan konsep perkalian menggunakan tanda kurung. 5) Kesalahan penulisan jawaban, yakni kurang tepat dalam menuliskan jawaban dan kesimpulan. Kesalahan tersebut disebabkan karena kurang teliti.


Full Text:

PDF

References


Darmadi, M. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Spldv Berorientasi Pisa Dengan Konten Change And Relationship Pada Kelas VIII SMP Unismuh Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Hidayanti, R. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Memecahkan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Ditinjau Dari Kesadaran Metakognisi [Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/14048/1/2. SKRIPSI.pdf

Jha, S. K. (2012). Mathematics Performance of Primary School Students in Assam (India): An Analysis Using Newman Procedure. International Journal of Computer Applications in Engineering Sciences, 2(I), 17–21. https://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.303.2464&rep=rep1&type=pdf

Karnaningsih, E. W. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Pecahan Menggunakan Prosedur Newman Di SD Negeri 1 Argosari Jabung Malang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/30200

Kurniasari, Y., Sugandi, A. I., & Sariningsih, R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Soal Materi Fungsi Kuadrat Berdasarkan Prosedur Kastolan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(6), 1561–1568. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i6.p%25p

Nurkhabibah, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Newman Error Analisis (NEA) Kelas VIII SMP Muhammadiyah Majenang [Unjversitas Muhammadiyah Purwokerto]. https://repository.ump.ac.id:80/id/eprint/3128

Oktaviana, D. (2018). Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 22. https://doi.org/https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.719

Pratiwi, L. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear berdasarkan metode analisis newman pada siswa kelas xi di sma barrang lompo skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Pujilestari. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika SMA Materi Operasi Aljabar Bentuk Pangkat Dan Akar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v2i1.264

Rahardjo, Marsudi; Waluyati, A. (2011). Pembelajaran soal cerita operasi hitung campuran di sd (C. Sa’dijah (ed.)). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika. http://p4tkmatematika.org/file/Bermutu 2011/SD/9.PEMBELAJARAN SOAL CERITA OPERASI HITUNG ....pdf

Rahmawati, D., & Permata, L. D. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 173–185. https://jurnal.uns.ac.id/jpm/article/view/26050

Salmi. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Perpangkatan dan Bentuk Akar kelas IX MTs Nur Bahri Bubun Tanjung Pura T.P 2019/2020 [Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/348

Sari, L. N. I., Ferdiani, R. D., & Yuwono, T. (2018). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(3), 99–109. https://doi.org/https://doi.org/10.21154/ibriez.v3i1.48

Satriani, S., Halim, N. H., & Syamsuadi, A. (2020). The Analysis of Compliance Type Students Error In Resolving Integral Challenge of Trigonometry Function. 66(10), 14–19. https://doi.org/10.14445/22315373/IJMTT-V66I10P503

Sudiono, E. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus Berasarkan Analisis Newman. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3), 295–302. https://doi.org/https://doi.org/10.30738/.v5i3.1282

Wahyuni, R., & Subanji, S. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menerapkan aturan Eksponen. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Malang, 1, 71–80. https://repository.unikama.ac.id/839/1/PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 2016.pdf#page=81

Sugiyono. (2019). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88