Realistic Mathematics Education (RME) Kombinasi Flipped Classroom Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Representasi Matematis
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis merupakan dua kemampuan matematis yang wajib dimiliki oleh siswa agar siswa tersebut dapat dengan mudah mengambil keputusan, merumuskan konsep, dan mengembangkan ide yang dimilikinya untuk memecahkan masalah matematika. Namun, tidak semua siswa memiliki kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis yang memadai. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis matematis siswa, dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa dalam memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan Realistic Mathematics Education (RME) yang dikombinasikan dengan Flipped Classroom dalam kegiatan pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Peneliti mengambil secara acak 2 kelas yang setara untuk dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Subyek penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis siswa kelas X SMK Santo Aloysius Ruteng yang berjumlah 59 orang. Pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis siswa yang menerapkan RME yang dikombinasikan dengan flipped classroom lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran dengan metode pembelajaran langsung. Hasil ini diperoleh berdasarkan hasil analisis data dalam uji hipotesis dengan menggunakan uji t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances dengan α=0,05 berbantuan Ms. Excel, dimana telah ditemukan bahwa nilai peluang (P(T<=t)) yang diperoleh baik untuk one-tail maupun two-tail kurang dari nilai α yaitu 0,000<0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan RME yang dikombinasikan dengan flipped classroom dalam kegiatan pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah dan representasi matematis siswa. Selain itu, penerapan pendekatan dan strategi pembelajaran ini juga dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung dengan menyenangkan.
Full Text:
PDFReferences
Alwi, N. A., Irwandi;, & Dewi, I. P. (2022). Peningkatan Pemanfaatan Internet dan Media Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pembelajaran Tematik Terpadu pada Masa Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16477–16483.
Aminoto, T., & Pathoni, H. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi Tugiyo. Suparyanto Dan Rosad (2015, 8(1), 13–29.
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Realistic Mathematic Education on Higher-Order Thinking Skill Mathematics of Students. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 219–236. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol7no2.2022pp219-236
Arnold-Garza, S. (2014). The flipped classroom teaching model and its use for information literacy instruction. Communications in Information Literacy, 8(1), 7–22. https://doi.org/10.15760/comminfolit.2014.8.1.161
Audiva, R., Rini, F., & Irsyadunas, I. (2022). Implementasi E-Learning di Sekolah Menengah Kejuruan. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(1), 46. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i1.114664
Duwila, S., Hamid, I., & Jalal, A. (2019). Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Diagram Venn melalui Pendekatan Realistic Matematis Education. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1), 64–80. https://doi.org/10.33387/dpi.v8i1.1366
Dwidarti, U., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Himpunan. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(12), 315–322. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v5i1.2366
Herzamzam, D. A. (2018). Peningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik (Pmr) Pada Siswa Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(1), 67–80. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.430
Karaca, S. Y., & Özkaya, A. (2017). The Effects of Realistic Mathematics Education on Students ’ Math Self Reports in Fifth Grades Mathematics Course. International Journal of Curriculum and Instruction, 9(1), 81–103.
Kusumawati, E., & Irwanto, R. A. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289
Machmiyah, S., A’yuni, R. Q., Putri, V. Z. E., Dewangga, A. S., Dewi, Q. P., Fatharani, R. B., Gunawan, N. R., Putri, N. A. P., Afifah, N. Z., Pamadya, E. V., Yoga, A. A., Agus, K. W., Khairunnisa, D. A., Yasa, Lestari, P., & Rakasiw, G. A. A. (2017). From Citizen To Netizen. In Laboratorium Penelitian dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur (Issue September).
Mardhiyah, R. H., Aldriani, Sekar Nurul Fajriyah; Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–39. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Nichols, J. R. (2019). 4 Essential Rules of 21st century Learning. TechThought. https://doi.org/https://www.teachthought.com/learning/4-essential-rules-of-21st-century-learning/
Ningsi, G. P., Jehadus, E., Jelatu, S., Kurnila, V. S., Sugiarti, L., & Ramda, A. H. (2022). Paradigma Pedagogi Reflektif yang Dikombinasikan Dengan Flipped Classroom dalam Kelas Aljabar Linear. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(3), 455. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i3.6371
Ogden, L. (2015). Student perceptions of the flipped classroom in college Algebra. Primus, 25(9), 782–791. https://doi.org/10.1080/10511970.2015.1054011
Psikologi Indonesia. (2016). Psikologi dan Teknologi Informasi (1st ed.). Himpunan Psikologi Indonesia.
Ratnawati, T., & Devi. (2017). Pengaruh Rme Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sd Negeri 1 Sanden the Influence of Rme To Problem Solving Skill. 259–268.
Rinawati, M. S., & Setiawati, E. P. (2023). … Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Flipped Classroom Berbantuan Bahan Ajar …. Prosiding Seminar Nasional …, 193–203.
Salma, F. A., & Sumartini, T. S. (2022). Kemampuan Representasi Matematis Siswa antara yang Mendapatkan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Discovery Learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 265–274. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1868
Suarmawan, K. A., Meitriana, M. A., & Haris, I. A. (2019). Faktor-Faktor Eksternal Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas Viii Di Smp Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 11,(2), 529–531.
Suryadi, A., Darmawan, D., Rahadian, D., Wahyudin, D., & Riyana, C. (2022). Pengembangan Aplikasi Sistem Database Virtual Community Digital Learning Nusantara (VCDLN) Menggunakan Model Waterfall Dan Pemrograman Terstruktur. Jurnal Petik, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.31980/jpetik.v8i1.1424
Sya’Roni, A. R., Inawati, P. A., Guswanto, E., Susanto, & Hobri. (2020). Students’ creative thinking skill in the flipped classroom-blended learning of mathematics based on lesson study for learning community. Journal of Physics: Conference Series, 1563(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1563/1/012046
Tamur, M., Juandi, D., & Adem, A. M. G. (2020). Realistic Mathematics Education in Indonesia and Recommendations for Future Implementation: A Meta-Analysis Study. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 4(1), 17. https://doi.org/10.31764/jtam.v4i1.1786
Ulya, M. R., Isnarto, I., Rochmad, R., & Wardono, W. (2019). Efektivitas Pembelajaran Flipped Classroom dengan Pendekatan Matematika Realistik Indonesia terhadap Kemampuan Representasi Ditinjau dari Self-Efficacy. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 116–123.
Uyen, B. P., Tong, D. H., Loc, N. P., & Thanh, L. N. P. (2021). The effectiveness of applying realistic mathematics education approach in teaching statistics in grade 7 to students’ mathematical skills. Journal of Education and E-Learning Research, 8(2), 185–197. https://doi.org/10.20448/JOURNAL.509.2021.82.185.197
Widana, I. W. (2021). Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Indonesia. Jurnal Elemen, 7(2), 450–462. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.3744
Yulietri, F., Mulyoto, & S, L. A. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning. Teknodika, 13(2), 5–17.
Yusuf, C. N., Hairun, Y., & Jalal, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematicseducation (Rme) Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2). https://doi.org/10.33387/dpi.v7i2.1247
Zakaria, E., & Syamaun, M. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students ’ The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Students ’ Achievement And Attitudes Towards Mathematics. Mathematics Education Trends and Research, 1(August), 32–40. https://doi.org/10.5899/2017/metr-00093
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3293
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License