Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal AKM pada Materi Statistika di Kelas VIII SMP

Resti Monica, Lusiana Lusiana, Allen Marga Retta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan-kesulitan dan faktor penyebab yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal AKM kelas VIII di SMP Budi Utama Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan tes. Hasil yang diperoleh siswa pada kesulitan dalam menyelesaikan soal AKM dengan persentase 71% yang dikategorikan sedang. Nilai terendah yang diperoleh sebesar 18,75 dan tertingginya 93,75 , hasil wawancara siswa menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum memahami materi, bagaimana cara menentukan mean, median dan modus dari data tunggal atau data kelompok. Dan masih banyak siswa yang belum mengetahui lebih jauh tentang AKM Numerasi. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu siswa mengalami kesulitan pada konteks sosial budaya, saintifik, dan personal pada level kognitif pemahaman, penerapan, dan penalaran. Faktor penyebabnya yaitu 1) siswa masih belum memahami terkait materi statistika, menentukan mean, median, dan modus baik itu data tunggal maupun data kelompok. 2) siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan beranggapan bahwa soal matematika itu sulit. 3) kurangnya waktu dalam menyelesaikan soal. 4) siswa belum terbiasa mengerjakan soal yang terdapat konteks dan masih kurangnya penggunaan soal AKM dalam evaluasi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM. MATHEdunesa, 11(3), 1.

Bangsa, T. T. (2021). Bang Soal Jago AKM & SK SMP. In Bank Soal Jago AKM & SK SMP / MTS. Arruzzmedia.

Fauziah, A., Sobari, E. F., & Robandi, B. (2021). Analisis Pemahaman Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mengenai Asesmen Kompetensi Minimum (AKM. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.

Handayani, Z. D. (2023). Analisis Faktor Psikologi Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadyah 1 Makassar (Vol. 7).

Mediyani, D., & Mahtuum, Z. A. –. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Statistika Pada Siswa SMP Kelas VIII.

Meriana, T., & Murniarti, E. (2021). Analisis Pelatihan Asesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Dinamika Pendidikan, 2–4.

Novianti, D. E. (2021). Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dan Kaitannya dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. In Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro (Vol. 2).

Novita, N., Mellyzar, & Herizal. (2021). Asesmen Nasional (AN): Pengetahuan dan Persepsi Calon Guru. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2.

Nurmaya, R., Muzdalipah, I., & Heryani, Y. (2022). Analisis Proses Literasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model Asesmen Kompetensi Minimum. Teorema : Teori Dan Riset Matematika, 4.

Patri, S. F., & Heswari, S. (2022). Analisis Kemampuan Numerasi siswa Kelas VIII SMP Se-Kota Sungai Penuh Dalam Menyelesaikan Soal AKM. Jurnal Muara Pendidikan, 7(2), 5.

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5.

Purwanto, A. (2021). Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 pujer dalam menyelesaikan soal AKM numerasi. Journal of Matematics Education and Learning, 1(2), 109–115.

Ristiani, A., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Representasi Matematis dan Self-esteem siswa pada materi statistika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika : PowerMathEdu, 1(1), 8.

Rohim, D. C., Rahmawati, S., & Ganestri, I. D. (2021). Konsep Asesmen Komptensi Minimum untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Varidika, 4–5.

Safira, D., Wibawa, K. A., & Noviyanti, P. L. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Tipe Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Gaya Kognitif FI dan FD. Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Matematika (PEMANTIK, 3(1), 1.

Sani, R. A. (2022). Pembelajaran Berorientasi AKM. PT Bumi Aksara.

Supangat, A. (2017). Statistika : Dalam kajian deskriptif, inferensi, dan nonparametrik. Kencana.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88