Kemampuan Pemahaman Matematis Melalui Inovasi Video Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning

Tiara Rahmananda, Rahman Haryadi, Yudi Darma

Abstract


Matematika adalah salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh sebagian besar siswa. Untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa, penggunaan video pembelajaran dengan model Problem Based Learning (PBL) telah menjadi perhatian dalam bidang pendidikan. Studi ini bertujuan untuk menginvestigasi penggunaan video pembelajaran dengan model Problem Based Learning terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Dalam studi ini menggunakan metode penelitian yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data pustaka, membaca dan mencatat, serta mengelola bahan penelitian dan dapat memberikan kontribusi penting dalam konteks pendidikan matematika, khususnya dalam pengembangan metode pembelajaran yang inovatif. Penggunaan video pembelajaran dengan model Problem Based Learning dapat menjadi alternatif yang efektif dalam meningkatkan pemahaman matematis siswa. Disarankan agar guru dan pengambil kebijakan pendidikan mempertimbangkan penggunaan video pembelajaran dengan model Problem Based Learning sebagai bagian dari strategi pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan menyenangkan.


Full Text:

PDF

References


Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALY REPETITION DAN PROBLEM BASED LEARNING. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 11(1).

Amalia, A., Happy, N., & Purwosetiyono, F. D. (2021). Profile of Students’ Representational Ability in Solving Mathematical Problems in terms of Learning Style. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 15–28. https://doi.org/10.21580/phen.2021.11.1.6521

Aminah, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Melalui Pembelajaran Online Terhadap Hasil Belajar Biologi Konsep Virus Pada Peserta Didik Kelas X Di SMA negeri 2 Enrekang. In UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.

Apriani, F. N., Novaliyosi, N., & Jaenudin, J. (2021). PENGEMBANGAN Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan problem based learning terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 88. https://doi.org/10.56704/jirpm.v2i2.11658

Bawono, Y. (2017). Kemampuan berbahasa pada anak prasekolah: Sebuah kajian pustaka. Jurnal Unissula:Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Darma, Y., & Firdaus, M. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Aliyah Melalui Strategi Heuristik. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 3(1).

Darma, Y., & Sujadi, I. (2012). Strategi Heuristik Dengan Pendekatan Metakognitif dan Ivestasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kreativitas Siswa Madrasah Aliyah. 50(February), 3–10.

Davita, P. W. C., Nindiasari, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(2).

Fadli, V. P. (2020). Perbedaan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Disposisi Siswa Melalui Pendekatan Realistik Dengan Pendekatan Inkuiri Di Smp Negeri 5 Medan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 105–113.

Hasibuan, T. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Elastisitas …. Jurnal ESTUPRO, 6(3).

Hotimah, H. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi, 7(3), 5. https://doi.org/10.19184/jukasi.v7i3.21599

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 179–187. https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101

Mita, D. S., Tambunan, L. R., & Izzati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pisa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 25–33.

Munasiah, M. (2016). Pengaruh Kecemasan Belajar dan Pemahaman Konsep Matematika Siswa terhadap Kemampuan Penalaran Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 220–232. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.649

Nuraeni, N.-, Mulyati, E. S., & Maya, R. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA MTs. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 975. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p975-983

Pranoto, Harlita, & Santosa, S. (2017). Perbandingan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Guided Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa Kelas X SMA A Comparison betwen Problem Based Learning and Guided Discovery in Effecting Highschool Student ’ s Activity. Bioedukasi, 10, 18–22.

Puspananda, D. R. (2022). Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 85–92.

Qorimah, E. N. (2022). Studi Literatur: Media Augmented Reality (AR) Terhadap Hasil Belajar Kognitif. JURNAL BASICEDU, 6(2).

Rahayu, Y., & Pujiastuti, H. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 3(2), 2548–2297. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2040

Rahmananda, T. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Dengan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Materi Trigonometri Kelas X SMA Negeri 2 Pontianak.

Sariningsih, R. (2014). Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP. Infinity Journal, 3(2). https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.p150-163

Siregar, N. (2019). Hubungan Self-Efficacy dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Rendah. Journal Of Mathematics Science And Aeducation, 1(2).

Supriatna, R., & Afriansyah, E. A. (2018). KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK MELALUI COOPERATIVE LEARNING TIPE PAIR CHECKS VS PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1).

Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 119–130. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i1.605

Syarifah, L. L. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SMA II. JPPM, 10(2).

Wardani, W. F. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS MI Islamiyah Sumberrejo Batanghari. In Attadib: Journal of …. INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.

Yani, M. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI VIRUS DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIMPANG KEURAMAT KABUPATEN ACEH UTARA. In Journal of Controlled Release (Vol. 11, Issue 2). UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY DARUSSALAM.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88