Penggunaan Video Pembelajaran MenPenggunaan Video Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswaggunakan Sparkol Videoscribe Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Selvia Safitri, Yadi Ardiawan, Rahman Haryadi

Abstract


Matematika merupakan mata pelajaran yang paling penting dalam pendidikan, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Hasil studi ini bertujuan untuk mengevaluasi penggunaan video pembelajaran menggunakan Sparkol Videoscribe terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Proses penelaah berbagai buku referensi dan hasil penelitian sebelumnya pada topik penelitian tertentu atau karya ilmiah dikenal sebagai metode penelitian studi literatur, sehingga hasil studi ini menggunakan metode studi literatur. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Video pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe menyajikan konten pembelajaran dengan memadukan gambar, suara, dan desain yang menarik sehingga siswa mampu menikmati proses pembelajaran. Penelitian ini akan mengevaluasi efektivitas penggunaan video pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Media video pembelajaran menggunakan sparkol videoscribe yang dikaiatkan dengan pemahaman matematis, didalamnya memuat materi beserta contoh-contoh soal dan sekaligus beberapa indikator pemahaman matematis yang mana didalam pembelajaran siswa lebih mudah meningkatkan pemahaman matematis.


Full Text:

PDF

References


AL Munawwarah, R. (2019) Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2).

Anggreni, F. (2019). Relevansi pembelajaran matematika dengan nilai-nilai Al-Qur’an dalam membentuk karakter siswa pada materi pecahan. Al – Qalasadi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. 3(1).

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). HARD SKILLS dan SOFT SKILLS. Bandung: PT Reflika Aditama

Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi. (2019). Aplikasi Media Pembelajaran Fisika Berbasis Sparkol Videoscribe Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor Terhadap Hasil Belajar Siswa Smk. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(2), 65–72.

Khairunnisa, A., Juandi, D., & Gozali, S. M. (2022). Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Cendikia Jurnal Pendidikan Matematika, 6(6), 1846–1856. https://doi.org/10. 31004/cendikia. v6i2. 1405

Maskur, R., Nofrizal N., & Syazali, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Macromedia Flash Al-Jabar:Jurnal Pendidikan Matematika 8(2), 177.

Nurwidayati, W., Supriyadi, Sukamto, I., & Utami, N. R. (2021). Pengembangan Media Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif. Jurnal Manajemen Mutu Pendidikan, 9(2). https://doi.org/10.23960/jmmp.v9.i2.2021.03

Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran dalam Pendidikan dan pelatihan (Diklat). MADIKA: Media Informasi dan Komunikasi Diklat Kepustakawan, 5(1), 93. https://ejournal.perpunas.go.id/md/article/view/728

Pitriyani, P., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran Videoscribe Berbasis Literasi Sains Di Sekolah Dasarp. Primary Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(4). Http://Dx.Doi.Org/10.33578/Jpfkip.V10i4.8307.

Putri, F. A., Bramasta, D., & Hawanti, S. (2020). Studi Literatur Tentang Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran The Power Of Two di SD. Jurnal Education FKIP UNMA,6(2).

Raharja, A. D. B. (2022). Kajian Pustaka untuk Skripsi, Tesis, Karya Ilmiah, Makalah, Artikel, dan Proposal. EKRUT media.

Safitri, Selvia. (2023). Pengembangan Video Pembelajaran Menggunakan Sparkol Videoscribe Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas VIII SMPN 10 Sungai Kakap.

Suherman, S. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan Dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 81 – 90.

Utami, I., A. (2022). Ejektifitas media teknologi untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. 1, 72.

Wijaya, T. T., Dewi Septiani, N. S., Fauziah, I. R., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1).

Yulaistin, S., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP pada Materi Translasi. Jurnal Didactical Mathematics, 4(1). http://dx.doi.org/10.31949/dmj.v2i2.2074

Yuniasih. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran videoscribe sebagai alternatif pembelajaran daring Bahasa Indonesia di SMKN 1 Cangkringan. Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol 2. NO, 2. File:///C:/User/HP/Downloads/964-Article Text-4274-1-10 20220221. pdf

Yunita, D., & Wijayanti, Astuti. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora, 3(2). Https://Doi.Org/10.30738/Sosio. V3i2. 1614




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88