Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Limit Fungsi Trigonometri

Sandy Vantika, Sukardi Sukardi, Fakhrunnisa Cahya Afifi, Sudarmono Sudarmono, Vini Komala Dewi

Abstract


Limit fungsi trigonometri merupakan salah satu materi matematika yang sulit dipahami oleh siswa. Sementara itu, pembelajaran berbasis proyek menjadi model pembelajaran yang direkomendasikan menjelang pelaksanaan Kurikulum Merdeka secara holistik. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar siswa, khususnya pada materi limit fungsi trigonometri sesuai dengan silabus Kurikulum 2013. Subjek penelitian ini adalah 34 orang siswa kelas XII tahun ajaran 2021/2022, yaitu siswa yang menerima pembelajaran konvensional (sebagai anggota kelompok kontrol), dan 33 orang siswa kelas XII tahun ajaran 2022/2023, yaitu siswa yang menerima pembelajaran berbasis proyek (sebagai anggota kelompok perlakuan) yang dipilih dengan menggunakan teknik penyampelan acak sederhana, di SMA Santo Paulus Pontianak. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengaruh pelaksanaan berbasis proyek terhadap prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan membandingkan nilai rata-rata penilaian tengah semester ganjil yang diperoleh siswa pada dua angkatan tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pelaksanaan pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar siswa yang terukur dari diperolehnya nilai statistik-t sebesar -2,0541 (nilai-p sebesar 0,04421). Secara spesifik, nilai rata-rata penilaian tengah semester siswa yang menerima pembelajaran berbasis proyek lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menerima pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, khususnya pada materi limit fungsi trigonometri, sehingga dapat menjadi model pembelajaran yang direkomendasikan dalam rangka menyongsong Kurikulum Merdeka.


Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Rumansyah, & Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 5(1), 64–70.

Almulla, M. (2020). The Effectiveness of the project-based learning (PBL) approach as a way to engage students in learning. SAGE Open, 1–15.

Aminudin, M., Nusantara, T., Parta, I., Rahardjo, S., As'ari, A., & Subanji. (2019). Engaging problems on trigonometry: why were student hard to think critically. Journal of Physics: Conf. Series 1188 012038, 1–10.

Arikunto, S. (2008). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arivina, A. & Jailani. (2020). Development of trigonometry learning kit with a STEM approach to improve problem-solving skills and learning achievement. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 178–194.

Ariyanti, F., Akina, & Nuraini. (2021). Relationship between teacher teaching creativity and student learning outcomes in mathematics in class V SDN 14 Bungku during the COVID-19 pandemic. Jurnal Dikdas, 9(1), 105–114.

Asmi, A. W., Rahmat, F., & Adnan, M. (2022). The effect of project-based learning on students' mathematics learning in Indonesia: a systematic literature review. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 5(4), 311–333.

Azizah, I. N. & Widjajanti, D. B. (2019). Keefektifan pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(2), 233–243.

Carrabba, C. & Farmer, A. (2018). The impact of project-based learning and direct instruction on the motivation and engagement of middle school students. Language Teaching and Educational Research, 1(2), 163–174.

Chigonga, B. (2016). Learners' errors when solving trigonometric equations and suggested interventions from grade 12 mathematics teachers. International Society for Technology in Education (ISTE).

George Lucas Educational Foundation. (2005). Instructional module project based learning. Diakses dari https://www.edutopia.org/project-based-learning/

Goodman, B. & Stivers, J. (2010). Project-based learning. Educational Psychology. ESPY 505.

Hidayah, N. & Sulistyaningrum, H. (2018). Penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan media kartu matematika untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Silogisme, 3(2), 71–77.

Holmes, V. L. & Hwang, Y. (2016). Exploring the effects of project-based learning in secondary mathematics education. The Journal of Educational Research, 449–463.

Irfan, N. (2018). Hubungan motivasi belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar matematika. Ekuivalen, 31(1), 48–53.

Ismail, R. (2018). Perbandingan keefektifan pembelajaran berbasis proyek dan pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari ketercapaian tujuan pembelajaran. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 181–188.

Kemendikbud. (2020). Mengenal konsep project-based Learning.

Nurmeidina, R. & Dina, R. (2019). Analysis of student’s difficulties in solving trigonometry problems. Profunedu, 1–10.

Petchamé, J., Iriondo, I., Riu, D., Masi, T., Almajano, A., & Fonseca, D. (2020). Project based learning or the rethinking of an engineering subject: measuring motivation. Eighth International Conference on Technological Ecosystems for Enhancing Multiculturality, 267–272.

Rahayu, H., Purwanto, J., & Hasanah, D. (2017). Pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(1), 21–28.

Remijan, K. W. (2017). Project-based learning and design-focused projects to motivate secondary mathematics students. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 11(1).

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam kurikulum prototype. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 115–131.

Rosyid, M. Z., Mustajab, & Abdullah, A. R. (2019). Prestasi belajar. Literasi Nusantara. Malang.

Safaruddin, S., Ibrahim, N., Juhaeni, J., Harmilawati, H., & Qadrianti, L. (2020). The effect of project-based learning assisted by electronic media on learning motivation and science process skills. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(1), 22–29.

Sari, R. K. (2023). Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Kuliah Matematika Diskrit. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 11-19. doi:10.33365/jm.v5i1.2392

Sitanjak, A. A. & Mawengkang, H. (2018). The difference of students' mathematical achievement by using Guided-discovery and Cooperative Learning Model Jigsaw Type. Infinity, 7(1), 45–54.

Sudjimat, D. A. & Permadi, L. C. (2021). Impact of work and project-based learning models on learning outcomes and motivation of vocational high school students. Educational Sciences: Theory & Practice, 21(2), 131–144.

Sunismi, Werdiningsih, D., & Wahyuni, S. (2022). Pembelajaran berbasis proyek (project based learning). CV Literasi Nusantara Abadi. Malang.

Sutikno, S. (2021). Strategi Pembelajaran. CV Adanu Abimata (Adab). Indramayu.

Tinenti, Y. R. (2018). Model pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Deepublish. Indramayu.

Umar, H. (1998). Metode penelitian untuk skripsi dan tesis bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Umbara, U. (2017). Implikasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran matematika. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 3(1), 31–38.

Usman, H. & Hussaini, M. (2017). Analysis of student' error in learning of trigonometry among senior secondary school students in Zaria Metropolis, Nigeria. IOSR Journal of Mathematics (IOSR-JM), 13(2), 1–4.

Walpole, R., R.H Myers., L. S., & Keying, Y. (2012). Probability & statistics for engineers and scientists (Ninth edition). Pearson Education. Upper Saddle River.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88