Analisis Learning Obstacle Siswa Kelas XI pada Materi Barisan dan Deret
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lebih lanjut learning obstacle siswa kelas XI dalam menyelesaikan soal materi barisan dan deret dengan tujuan untuk menganalisis serta menggambarkan letak kesalahan serta hambatan yang di alami siswa dalam menyelesaikan soal materi pada materi Barisan dan Deret. Pada penelitian ini metode yang digunakan yaitu penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa MA kelas XI di Bandung. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan soal tes uraian sebanyak tiga soal. Berdasarkan hasil analisis, menyatakan bahwa terdapat ketidakmampuan siswa yang berada di kelas XI dapat diidentifikasi bahwa siswa mengalami learning obstacle yang berkaitan dengan: (1) pemahaman konsep, (2) prosedur penyelesaian masalah, (3) menyelesaikan masalah, dan (4) koneksi pada pokok bahasan barisan dan deret.
Full Text:
PDFReferences
Agung Herutomo, R., & Mulyono Saputro, T. E. (2014). Analisis Kesalahan Dan Miskonsepsi Siswa Kelas Viii Pada Materi Aljabar. Edusentris, 1(2), 134. https://doi.org/10.17509/edusentris.v1i2.140
Asih, K. S., & Rosita, C. D. (2018). Analisis Learning Obstacles Pada Pokok Bahasan Aplikasi Turunan Pada Siswa Kelas XI SMA. 211–221.
Fitriani, N., Kadarisma, G., & Amelia, R. (2020). Pengembangan Desain Didaktis Untuk Mengatasi Learning Obstacle Pada Materi Dimensi Tiga. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 231. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2686
Hariyomurti, B., Prabawanto, S., & Jupri, A. (2020). Learning Obstacle Siswa dalam Pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 283. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10118
Hardiyanti, A. (2016). Analisis Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi barisan dan deret. Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP I), 2(2), 78–88.
Janah, S. R., Suyitno, H., & Rosyida, I. (2019). Pentingnya Literasi Matematika dan Berpikir Kritis Matematis dalam Menghadapi Abad ke-21. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 905–910. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29305
Jatisunda, M. G., & Nahdi, D. S. (2019). Kesulitan Siswa Dalam Memahami Learning Obstacles. Didactical Mathematics, 2(1), 9–16.
Komala, E., Suryadi, D., & Dasari, D. (2021). Kemampuan Representasi: Implementasi Pengembangan Desain Didaktis Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Menengah Atas. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2179. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.3971
Lestari, I., & Andinny, Y. (2020). Kemampuan Penalaran Matematika melalui Model Pembelajaran Metaphorical Thinking Ditinjau dari Disposisi Matematis. Jurnal Elemen, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1179
Muh. Fitrah & Luthfiyah. (2018). Metode Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus (p. 44).
Mukhtar. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Masalah untuk Memfasilitasi Pencapaian Kemampuan Penalaran dan Pemahaman Konsep Siswa. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, 353–360.
Paul Cobb. (2015). Where is the mind? Constructivist and Sociocultural Perspectives on Mathematical Development. 23(7), 13–20.
Peranginangin, S. A., & Surya, E. (2017). An Analysis of Students’ Mathematics Problem Solving Ability in VII Grade at SMP Negeri 4 Pancurbatu. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research, June, 57–67. http://gssrr.org/index.php?journal=JournalOfBasicAndApplied
Rianto, P. (2016). Modul Metode Penelitian. In Metode penelitian (Vol. 5, Issue July).
Salsinha, S. B., Amsikan, S., & Siahaan, M. M. L. (2021). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pada materi barisan dan deret aritmatika di SMA Nurul Falah Kefamenanu. 9(September), 978–623.
Suryadi, D. (2010). Penelitian Pembelajaran Matematika Untuk Pembentukan Karakter Bangsa. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Yogyakarta, 1(November), 1–14.
Turmudi. (2010). Pembelajaran Matematika Kini dan Kecenderungan Masa Mendatang. Matematika Sekolah Kini Dan Masa Mendatang, 28.
DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2960
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License