Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Website pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas

Agus Triono, Hamdani Hamdani, Dona Fitriawan

Abstract


Pada era saat ini banyak anak yang memanfaatkan website di kehidupan sehari-hari. Studi ini bertujuan untuk memastikan kefektivitasan penggunaan situs web pembelajaran matematika untuk peserta didik sekolah menengah dalam hal hasil akademik, aktivitas pembelajaran, dan respons peserta didik. Pembelajaran akan di tujukan untuk peserta didik kelas 12. Artikel ini menggunakan metode pre-ekspermental. Berdasarkan kajian dari beberapa sumber, didapatkan hasil bahwa diperlukan adanya sebuah inovasi dalam pembelajaran, yaitu degan memanfaatkan website atau situs web dalam pembelajaran matematika. Dalam artikel ini akan dijelaskan pembelajaran matematika menggunakan website. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemikiran kepada guru dalam membuat inovasi pembelajaran agar pembelajaran tidak membosankan. Pembelajaran dengan menggunakan website tidak hanya menampilkan materi, tetapi bisa juga dalam bentuk video. Dalam website juga dapat menampilkan soal tes atau kuis. Dilihat dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa, penggunaan pembelajaran berbasis website memberikan dampak positif. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan pembelajaran berbasis website lebih tinggi daripada sebeum diterapkan. Selain hasil belajar, aktivitas belajar dan respon peserta didik juga lebih baik setelah menggunakan pembelajaran berbasis website. Rasa ingin tahu peserta didik inilah yang membuat minta belajar mereka menjadi lebih baik, sehingga hasil belajar, aktivitas, dan respon peserta didik meningkat. Dengan inovasi pembelajaran yang demikian diharapkan dapat terus meningkatkan prestasi peserta ddik dalam pelajaran matematika.


Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Peserta didik Kelas VIII. Jurnal Matematika, Statistika dan Komputasi, 15(1), 64-74.

Agustriana, E., & Buwono, S. (2014). Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 3(8).

Alifah, S. (2021). Peningkatan Kualitas Pendidikan di Indonesia untuk Mengejar Ketertinggalan dari Negara Lain. Cermin: Jurnal Penelitian, 5(1), 113-123.

Azukario. (2018). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Barisan Dan Deret Aritmatika Di Kelas XI AK 4 SMK Negeri 1 Pontianak. (101-113).

Fakhruddin, Y., & Hernawan Sulistyanto, S. T. (2016). Media pembelajaran berbasis website untuk sekolah menengah atas pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Fathurrahman, A., Sumardi, S., Yusuf, A. E., & Harijanto, S. (2019). Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik Dan Teamwork. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 843-850.

Fatria, F. (2017). Penerapan Media Pembelajaran Google Drive Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(1), 138-144.

Heryadi, F. (2021). penggunaan google forms sebagai media pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada mata pelajaran sejarah di SMK NEGERI 2 Ketapang. SWADESI: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sejarah, 2(1), 14-24.

Kurniawan, F. A. (2017). Pengaruh pembelajaran berbasis Web terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas X SMA Negeri Paguyangan pada mata pelajaran fisika pokok bahasan suhu dan kalor. Scientiae Educatia: Jurnal Pendidikan Sains, 6(1), 1-7.

Nuryadi dkk, 2017. Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: SIBUKU MEDIA

Peprizal, P., & Syah, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis web pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 455-467.

Prastitasari, H. (2019). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Kontekstual. -, 5(1), 83-88.

Rilanty, N., & Juwitaningsih, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia (Journal of Innovation in Chemistry Education), 2(1), 36-40.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Suryansyah, G., Jailani, S., & Sari, S. Y. (2019). penerapan pembelajaran berbasis internet dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik Kelas V di madrasah ibtidaiyah nurul hidayah kota jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin).

Susanti, W. D. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Media Berhitung Di Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta didik. Edisi, 2(3), 435-448.

Tumalia, I. P., & Akhir, M. Y. (2018). Penerapan Media Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Bahasan Mengenal Satuan Jarak Dan Kecepatan Di Kelas V SDN 241 Inpres Perumnas Tumalia.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack

yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88