Pengembangan Modul Berbasis Model CORE dan Problem Solving Polya untuk Meningkatkan Self Regulated Learning dan Critical Thinking

Fifiq Rachma Hadyah Furqon, Sirojudin Wahid, Toheri Toheri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui proses, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan pada modul dengan berbasis model CORE dan problem solving polya untuk meningkatkan self regulated learning dan critical thinking. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (RnD) dengan metode ADDIE (Analys, Design, Development, Implementation and Evaluation). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil kevalidan pada proses pengembangan dari aspek materi, aspek media, dan aspek bahasa dinyatakan sangat valid. Selanjutnya, pada kepraktisan mendapatkan kriteria sangat praktis sedangkan pada keefektifan modul yang dikembangkan dikatakan efektif karena nilai N-gain kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai N-gain kelas kontrol. Peningkatan pada self regulated learning sebesar 16% dan peningkatan pada critical thinking sebesar 48,3%.


Full Text:

PDF

References


Adur, K. (2022). Mengenal cara-cara berpikir kritis dengan model pembelajaran two stray. Sociological Education, Vol.3 No.1, 18-24, DOI : 10.12345.

Afsari, S., Safitri, I., Harahap, S. K., & Munthe, L. S. (2021). Systematic literature review : efektivitas pendekatan pendidikan matematika realistik pada pembelajaran matematika. Indonesian Journal of Intellectual Publication, Vol.1 No.3, 191, DOI:10.51577.

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Arini, W., & Juliadi, F. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis pada Mata Pelajaran Fisika untuk Pokok Bahasan Vektor Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau . Berkala Jurnal Fisika, 1-11.

Curwen, M. S., Miller, R. G., A. White-Smith, K., & C.Calfee, R. (2010). Increasing teachers' metacognition develops students' higher learning during content area literacy intruction : findings from the read-white cycle project. Issues in Teacher Education, Vol.19 No.2, 133-134.

Haidir, & Salim. (2014). Strategi pembelajaran. Medan: Perdana Publishing.

Halimah, S. N., Izzati, N., & Wahid, S. (2022). Development of probing-prompting learning model assisted by mathematics learning module to improve students' motivation and mathematics learning outcomes. Journal of General Education and Humanities, Vol.1 No.3, 108, DOI:10.58421.

Khoerunnisa, N., Rohaeti, E. E., & Ningrum, D. S. (2021). gambaran self regulated learning siswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi covid 19. Fokus Vol. 4 No. 4, 301-302, DOI:10.22460.

Kosasih, E. (2020). Pengembangan bahan ajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Lestari, D., Munawaroh, M., & Handoko, H. (2019). Pengaruh penerapan model pembelajaran bamboo dancing berbantuan permainan ular tangga untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Jurnal Integral, Vol.10 No.1, 27-39, DOI:10.32534/jnr.v10i1.

Nurkholifah, S., Toheri, & Winarso, W. (2018). Hubungan antara self confidence dengan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika. Edumatica, Vol. 8 No.1, 59, DOI : 10.22437.

Parmin, & Peniati, E. (2012). Pengembangan modul mata kuliah strategi belajar mengajar ipa berbasis hasil penelitian pembelajaran. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol.1 No.1, 8-15, DOI : 10.15294.

Ririn, R., Budiman, H., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Problem Solving. Mathema Journal, Vol.3 No.1, 1-15, DOI:10.33365.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningsih, A., & Suparman. (2018). Analisis kebutuhan modul matematika untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah siswa smp kelas VII. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlah, Vol.6, 179-188.

Ulfa, M. (2019). Strategi preview, question, read, reflect, recite, review (pq4r) pada pemahaman konsep matematika. Mathema Journal, Vol.1 No.1, 48-55, DOI:10.33365.

Winarso, W., & Toheri, T. (2021). An analysis of students' error in learning mathematical problem solving: the perspective of david kolb's theory. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, Vol.12 No.1, 140, DOI:10.16949.

Winarso, W., Wahid, S., & Rizkiah, R. (2022). Type of error in completing mathematical problem based on newman's error analysis (NEA) and polya theory. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, Vol. 13 No.1, 51-67, DOI:10.26418.




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i2.2907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International Licenseslot raffi ahmadgacor4dhttps://jurnal.usk.ac.id/lib/pkp/sbobet88/robopragmalapak cheatturbox1000akun pro jepangsensorgacorscatter hitamyosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 yosi88 hit88 hit88 hit88 hit88 hit88https://elijo.umpwr.ac.id/pages/idnslot/