Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Etnomatematika Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis

Nabila Aqidatul Aisyah, Ahmad Anis Abdullah, Muhammad Najib Mubarrok, Robiatul Adawiya, Dyahsih Alin Sholihah

Abstract


Salah satu kemampuan matematika yang dibutuhkan siswa dalam menghadapi era disrupsi adalah kemampuan berpikir kreatif. Model discovery learning sangat tepat dalam menumbuhkan kemampuan berpikir keatif. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning berbasis etnomatematika berbantuan geogebra dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini menerapkan metode Kuasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Kasihan tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning berbasis etnomatematika berbantuan GeoGebra memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. A. And Rahmawi, A. Y. (2021). Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Kayu Krebet Bantul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 163–172. doi: 10.33474/jpm.v7i1.4985

Abdullah, A. A. (2016). Peran Guru Dalam Mentransformasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, (November), 640–652. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snmpm/article/view/10895

Abdullah, A. A., Richardo, R., Rochmadi, T., Wijaya, A., & Nurkhamid, N. (2022). The Use of Ethnomathematics Learning Media Based on Augmented Reality for Madrasah Students. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(1), 877–886. doi: 10.35445/alishlah.v14i1.1140

Adawiya, R., Alin Sholihah, D., Richardo, R., Anis Abdullah, A., Najib Mubarrak, M., Nurul AzizahLisa Ananda, F., & Nur Cahyo, D. (2022). Pengembangan Inovasi Belajar dan Mengajar di Era Disrupsi Melalui Pembelajaran Daring dan Luring (Hybrid Learning System). Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 1440–1445.

Bakhrodin, Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Soulmath;Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 7(2), 113–124.

Bakri, F., Permana, H., Wulandari, S., & Muliyanti, D. (2020). Student Worksheet With Ar Videos: Physics Learning Media In Laboratory For Senior High School Students. Journal of Technology and Science Education, 10(2), 231–240.

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2016). Karakteristik Media Pembelajaran Berbasis Komputer. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 2(2), 1–11.

Choir, R. M., & Abdullah, A. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dengan Pendekatan Matematik Realistik terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII …. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), XII(2), 85–91. Retrieved from https://www.ejournal.almaata.ac.id/index.php/LITERASI/article/view/1894

Damanik, W. J., & Syahputra, E. . (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Menigkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Menggunakan Model Discovery Learning. Inspiratif : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 27–38. doi: 10.24114/jpmi.v4i1.9294

Darwanto. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Eksponen, 9(2), 20–26.

Dea, W. A., & Rahmawati, T. D. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Peserta Didik. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 141–148. doi: 10.32938/jpm.v2i2.647

Fajriah, N. & Asiskawati, E. (2015). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Di Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 157–165.

Hasanah, M. & H. (2021). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP PADA MATERI STATISTIKA. Maju, 8(1), 233–243. doi: 10.51849/ig.v2i1.19

Hidayati, N., & Abdullah, A. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Etnomatematika terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa …. Jurnal Tadris Matematika, 4(November 2021), 215–224. Retrieved from http://178.128.61.209/index.php/jtm/article/view/4777%0Ahttp://178.128.61.209/index.php/jtm/article/download/4777/1854

Isman, M. N. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 10–19.

Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini. (2019). Developing ethnomathematical tasks in the context of yogyakarta to measure critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). doi: 10.1088/1742-6596/1188/1/012063

Sohilait, E. (2021). Pengaruh model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 35–41. doi: 10.38114/riemann.v3i1.108

W Widada, D Herawaty, K. U. Z. N. and A. F. D. A. (2021). Augmented Reality assisted by GeoGebra 3-D for geometry learning Augmented Reality assisted by GeoGebra 3-D for geometry learning. Journal of Physics: Conference Series, 1731(012934), 1–10. doi: 10.1088/1742-6596/1731/1/012034




DOI: https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License

Articles in Jurnal Mathema are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

scatter biruidnslotslot hokiturbox500bri4dscatter biruscatter hitamakun pro jepangmpo77turbox500turbox1000ninja cheatkucing oren hackbajak scatterrobopragmademon vip cheatbtn4dcasino onlinerobot merah hack