SISTEM CERDAS PEMBERI PAKAN IKAN SECARA OTOMATIS

Hayatunnufus Hayatunnufus, Debby Alita

Abstract


Alat Pemberi Pakan Ikan Hias Di Aquarium Secara Otomatis merupakan sistem cerdas yang bertujuan untuk mempermudah dalam pemberian pakannya, sehingga ketika pemelihara ikan memiliki kesibukan yang cukup padat dan merasa kesulitan ketika akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, maka ikan akan tetap terjaga dalam proses pemberian pakannya. Sistem yang dirancang terdiri dari empat bagian yaitu: catu daya, sistem minimum, rangkaian mekanika dan program. Cara kerja alat ini yaitu dengan mengatur pemberian makanan pada Alat Pemberi Pakan Ikan yang diatur oleh mikrokontroler menggunakan parameter waktu RTC (Real Time Clock), arduino sebagai proses, motor DC (Direct Current) sebagai kondisi output dan LCD (Liquid Crystal Display) sebagai user interface dan monitoring. Penambahan sensor Ultrasonik untuk memantau keadaan pakan dalam penampung. Berdasarkan hasil pengujian dan untuk kerja dari “Alat Pemberi Pakan Ikan Hias Di Aquarium Secara Otomatis” telah menunjukkan hasil yang sesuai dengan perencanaan yaitu alat dapat memberikan pakan ikan secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan.

Keywords


DC, Sistem Cerdas, RTC, LCD

Full Text:

PDF

References


S. Samsugi, Ardiansyah dan A. Suwantoro, “Pemanfaatan Peltier dan Heater Sebagai Alat Pengontrol Suhu Air Pada Bak Penetasan Telur Ikan Gurame,” Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering, pp. 295-299, 2016.

K. Pindrayana, R.I. Borman, B. Prasetyo dan S. Samsugi, "Prototipe Pemandu Parkir Mobil Dengan Output Suara Manusia Mengunakan Mikrokontroler Arduino Uno," CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 2, no. 2, 2018.

Andrianto, Heri. 2008. Pemrograman Mikrokontroler AVR ATmega8535. Informatika. Bandung

A. Nurkholis, A. Riyantomo dan M. Tafrikan, “Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining,” Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

A. Nurkholis, dan I. S. Sitanggang, "Optimalisasi model prediksi kesesuaian lahan kelapa sawit menggunakan algoritme pohon keputusan spasial," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 8, no. 3, pp. 192-200, Jul. 2020.

S. Samsugi dan A. Burlian, "Sistem penjadwalan pompa air otomatis pada aquaponik menggunakan mikrokontrol Arduino UNO R3,". Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2019.

Arduino, 2016, Arduino Uno https://www.arduino.cc/en/Main/ArduinoBoardUno, diakses 11 Februari 2016.

Artanto, Dian , S.T., M.Eng. Diklat kuliah Algoritma Pemrograman.Yogyakarta: FST-USD, 2007.

Bachtiar, Y. 2003. Menghasilkan Pakan Alami Untuk Ikan Hias. Penerbit PT Agro Media Pustaka. Tangerang.

Anonim. (2013). Elektronik Tutorial. Diakses 30 Januari 2013 pukul 21.45 WIB dari http://www.electronics-tutorials.ws/io/io_6.html

D. Alita, S. Priyanta, and N. Rokhman, “Analysis of Emoticon and Sarcasm Effect on Sentiment Analysis of Indonesian Language on Twitter,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol. 5, no. 2, p. 100, 2019, doi: 10.20473/jisebi.5.2.100-109.

Sulistiani, H., Miswanto, M., Alita, D., & Dellia, P. (2020). Pemanfaatan Analisis Biaya Dan Manfaat Dalam Perhitungan Kelayakan Investasi Teknologi Informasi. Edutic-Scientific Journal of Informatics Education, 6(2).

Budiharto, W., 2005, Perancangan Sistem dan Aplikasi Mikrokontroler, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Djarijah, A.S. 1996. Pakan Ikan Alami. Yogyakarta: Kanisius.

I. K. Gunawan, A. Nurkholis dan A. Sucipto, ”Sistem monitoring kelembaban gabah padi berbasis Arduino,” Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v1i1.799

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hayatunnufus Hayatunnufus, Debby Alita


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.