PERANCANGAN ALAT DETEKSI KEBOCORAN GAS PADA PERANGKAT MOBILE ANDROID DENGAN SENSOR MQ-2

Ajeng Savitri Puspaningrum, Fadli Firdaus, Imam Ahmad, Harry Anggono

Abstract


Peranan gas LPG pada saat ini sangatlah penting bagi kehidupan manusia baik di rumah tangga maupun di industri. Namun, gas dapat berdampak negatif, terutama bila tidak diketahui telah terjadi kebocoran dari tabung atau tempat penyimpanan gas LPG tersebut. Penyebab dari bocor tabung gas ini bisa terjadi karena kebocoran pada selang, tabung atau pada regulatornya yang tidak terpasang dengan baik dan tabung gas yang didistribusikan memang kualitasnya kurang baik atau rusak fisik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasil-kan sebuah perancangan alat deteksi kebocoran gas pada perangkat mobile android dengan sensor MQ-2 sebagai sensor gas, dan ethernet shield sebagai modul pada mikrokontroler untuk menghubungkan arduino dengan jaringan internet. Cara kerja alat ini yaitu, ketika sensor MQ-2 mendeteksi gas LPG maka sensor akan mengirimkan data ke mikrokontroler untuk diberikan respon berupa menyalakan kipas, buzzer sebagai alarm, dan alat ini dapat mengirimkan infor-masi data analog gas ke smartphone android mengguna-kan plaltform Cayenne melalui jaringan internet.

Keywords


Microcontroller, MQ-2 Sensor, Exhaust Fan, LPG Gas, IoT

Full Text:

PDF

References


Budi Tjahjono dkk. 2013. Perancangan Deteksi Kebocoran Tabung Gas Berbasis Mikrokontroler AT89S52.

A. Nurkholis, A. Riyantomo dan M. Tafrikan, “Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining,” Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

A. Nurkholis, dan I. S. Sitanggang, "Optimalisasi model prediksi kesesuaian lahan kelapa sawit menggunakan algoritme pohon keputusan spasial," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 8, no. 3, pp. 192-200, Jul. 2020.

Erlansyah And Widyanto.,2014, Alat Deteksi Kebocoran Tabung Gas Elpiji Berbasis MIkrokontroler. Dosen Universitas Bina Darma Palembang

Iksal dkk, 2016 Rancang Bangun Prototype Dini Dan Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Berbasis Mikrokontroler Melalui Sms., Program Studi Sistem Komputer, Universitas Serang Raya.

R.I. Borman, K. Syahputra dan P. Prasetyawan, “Implementasi Internet Of Things pada Aplikasi Monitoring Kereta Api dengan Geolocation Information System,” Seminar Nasional Teknik Elektro, pp. 322-327, 2018.

D. Alita, S. Priyanta dan N Rokhmn., “Analysis Emoticon and Sarcasm Effect on Sentiment Analysis of Indonesian Language in Twitter”,JISEBI, 2019.

K. Pindrayana, R.I. Borman, B. Prasetyo dan S. Samsugi, "Prototipe Pemandu Parkir Mobil Dengan Output Suara Manusia Mengunakan Mikrokontroler Arduino Uno," CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 2, no. 2, 2018.

S. Samsugi dan A. Burlian, "Sistem penjadwalan pompa air otomatis pada aquaponik menggunakan mikrokontrol Arduino UNO R3,". Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2019.Yozi Yozandra. 2017. Rancang Bangun Alat Pendeteksi Kebocoran Gas Mengunakan Arduino dan Notifikasi.

I. K. Gunawan, A. Nurkholis dan A. Sucipto, ”Sistem monitoring kelembaban gabah padi berbasis Arduino,” Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2020.

S. Samsugi, "Internet of Things (iot): Sistem Kendali jarak jauh berbasis Arduino dan Modul wifi Esp8266," Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XII, 2017.

S. Samsugi dan D.E. Silaban, “Purwarupa Controlling Box Pembersih Wortel Dengan Mikrokontroler,” Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XIII, pp. 1-7, 2018.

D.E. Kurniawan, M. Iqbal, J. Friadi, R.I. Borman dan R. Rinaldi. “Smart Monitoring Temperature and Humidity of the Room Server Using Raspberry Pi and Whatsapp Notifications,” In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1351, No. 1, p. 012006) IOP Publishing, 2019




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v1i1.714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ajeng Savitri Puspaningrum, Fadli Firdaus, Imam Ahmad, Harry Anggono


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.