SISTEM MONITORING pH AIR PADA AQUAPONIK MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER ARDUINO UNO

Yuri Rahmanto, Arinda Rifaini, Slamet Samsugi, Sampurna Dadi Riskiono

Abstract


Banyaknya pertanian modern (Aquaponik) yang dilakukan oleh petani dari kalangan masyarakat menengah atas maupun dari masyarakat kalangan bawah yang memiliki lahan terbatas, selain tidak memakan banyak tempat dan waktu yang terbuang, cara ini juga dapat menghasilkan panen yang maksimal, dengan memberikan perawatan yang tepat. dengan memonitoring pH air sangat penting dilakukan untuk mengetahui baik buruknya kualitas air. Air bersih dengan kualitas yang buruk dapat mengakibatkan dampak yang buruk bagi kesehatan tanaman dan ikan yaitu timbulnya berbagai penyakit. Perubahan pH air juga dapat menyebabkan berubahnya bau, rasa dan warna pada air. penelitian ini bertujuan merancang dan meng-implementasikan sebuah rangkaian yang berfungsi untuk memonitor tingkat kadar pH pada Air dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. dengan adanya sensor dan mikrokontroler jenis Arduino Uno dapat mempermudah dalam membuat alat Monitoring otomatis. Mikrokontroler Pengukuran pH air dapat dilakukan dengan menggunakan pH meter dengan cara manual, maka dibuatlah sistem monitoring untuk memudahkan control pH air sehingga proses perawatan tanaman menjadi lebih baik dan mudah.

Keywords


mikrokontroler, monitoring, sensor suhu, sawi, sensor pH

Full Text:

PDF

References


Tn Huda, 2017 Latar Belakang Aquaponik. URL : http://eprints.polsri.ac.id/4661/2/File%202.pdf

A. Nurkholis, A. Riyantomo dan M. Tafrikan, “Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining,” Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

A. Nurkholis, dan I. S. Sitanggang, "Optimalisasi model prediksi kesesuaian lahan kelapa sawit menggunakan algoritme pohon keputusan spasial," Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer, vol. 8, no. 3, pp. 192-200, Jul. 2020.

M Vahlefi, 2015 Latar belakang Aquaponik. URL:http://eprints.polsri.ac.id/2754/2/BAB%20I.pdf

A Hidayat, 2017. Permen Kesehatan, No. 416/Men.Kes/PER/IX/1990 tentang Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air. URL : https://www.slideshare.net/infosanitasi/per-menkes-416-90syaratsyarat-dan-pengawasan-kualitas-air.

D. Alita, S. Priyanta dan N Rokhmn., “Analysis Emoticon and Sarcasm Effect on Sentiment Analysis of Indonesian Language in Twitter”,JISEBI, 2019.

Alita, D., Fernando, Y., & Sulistiani, H. (2020). IMPLEMENTASI ALGORITMA MULTICLASS SVM PADA OPINI PUBLIK BERBAHASA INDONESIA DI TWITTER. Jurnal Tekno Kompak, 14(2), 86-91.

S. Samsugi dan A. Burlian, "Sistem penjadwalan pompa air otomatis pada aquaponik menggunakan mikrokontrol Arduino UNO R3," Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2019.

I. K. Gunawan, A. Nurkholis dan A. Sucipto, ”Sistem monitoring kelembaban gabah padi berbasis Arduino,” Jurnal Teknik dan Sistem Komputer, vol. 1, no. 1, pp. 1-7, 2020.

A.E. Kumala, R.I. Borman dan P. Prasetyawan, “Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Sapi Di Lokasi Uji Performance (Studi Kasus: Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung),” Jurnal Tekno Kompak, Vol. 12, No. 1, pp.5-9, 2018.

D.E. Kurniawan, M. Iqbal, J. Friadi, R.I. Borman dan R. Rinaldi. “Smart Monitoring Temperature and Humidity of the Room Server Using Raspberry Pi and Whatsapp Notifications,” In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1351, No. 1, p. 012006) IOP Publishing, 2019.

S. Samsugi, Ardiansyah dan A. Suwantoro, “Pemanfaatan Peltier dan Heater Sebagai Alat Pengontrol Suhu Air Pada Bak Penetasan Telur Ikan Gurame,” Conference on Information Technology, Information System and Electrical Engineering, pp. 295-299, 2016.

K. Pindrayana, R.I. Borman, B. Prasetyo dan S. Samsugi, "Prototipe Pemandu Parkir Mobil Dengan Output Suara Manusia Mengunakan Mikrokontroler Arduino Uno," CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, vol. 2, no. 2, 2018.

S. Samsugi dan D.E. Silaban, “Purwarupa Controlling Box Pembersih Wortel Dengan Mikrokontroler,” Prosiding Nasional Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi XIII, pp. 1-7, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v1i1.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Yuri Rahmanto, Arinda Rifaini, Slamet Samsugi, Sampurna Dadi Riskiono


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.