IRIGASI PADA TANAMAN CABAI MENGGUNAKAN SISTEM TETES OTOMATIS

Firdaus Firdaus, Try Hadyanto

Abstract


 Irigasi tetes otomatis telah menjadi inovasi penting dalam meningkatkan efisiensi penggunaan air dan pertumbuhan tanaman dalam pertanian modern. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi implementasi sistem irigasi tetes otomatis pada tanaman cabai dan mengevaluasi dampaknya terhadap efisiensi penggunaan air serta pertumbuhan tanaman.

Dalam penelitian ini, kami mengembangkan sistem irigasi tetes otomatis yang terdiri dari sensor kelembaban tanah, kontroler irigasi, dan sistem pengiriman air. Implementasi sistem dilakukan pada lahan pertanian cabai dengan memonitor kelembaban tanah, pertumbuhan tanaman, dan efisiensi penggunaan air selama periode pengujian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem irigasi tetes otomatis berhasil meningkatkan efisiensi penggunaan air hingga 30% dibandingkan dengan metode irigasi konvensional. Selain itu, pertumbuhan tanaman cabai juga mengalami peningkatan yang signifikan, termanifestasi dalam peningkatan hasil panen sebesar 15%.


Keywords


Irigasi tetes otomatis, Sensor Kelembaban, tanaman cabai

Full Text:

Untitled PDF

References


circuit.id, “Permasalahan Cabai Merah dan Upaya Penanggulangannya,” no. Ada berbagai faktor berantai yang menjadi penyebab melambungnya harga cabai. Menurut Menteri Perdagangan, faktor iklim merupakan pangkal utama penyebab harga cabai merah menjadi mahal, karena menyebabkan cabai yang harusnya bisa tepat waktu dipanen setela, [Online]. Available: https://www.citrust.id/permasalahan-cabai-merah-dan-upayapenanggulangannya.html

M. T. Sapsal et al., “Penerapan Irigasi Tetes Dengan Sistem Kontrol Pada Budidaya Cabai Di Desa Bonto Bunga, Moncongloe, Kabupaten Maros,” Din. Pengabdi., vol. 3, no. 2, pp. 156–164, 2018.

E. G. Ekaputra, D. Yanti, D. Saputra, and F. Irsyad, “Rancang Bangun Sistem Irigasi Tetes untuk Budidaya Cabai (Capsicum Annum L.) dalam Greenhouse di Nagari Biaro, Kecamatan Ampek Angkek, Kabupaten Agam, Sumatera Barat,” J. Irig., vol. 11, no. 2, p. 103, 2017, doi: 10.31028/ji.v11.i2.103-112.

L. Tarigan, N. Manurung, and P. Tarigan, “Penggunaan Irigasi Tetes ( Drip Irrigation ) pada Kelompok Petani Cabai di Desa Bulanjahe , Kabupaten Karo,” vol. 1, no. 3, pp. 22–27, 1978.

P. P. Masyarakat, I. Dembe, K. Dembe, and P. Gorontalo, “SEMINAR NASIONAL KOLABORASI PEMANFAATAN SISTEM IRIGASI TETES ( SIT ) ORGANIK PADA TANAMAN CABAI RAWIT ( Capsicum Frutescens L .) DI KELURAHAN,” vol. 1, pp. 201–205, 2018.

D. S. Barat, “I. pendahuluan 1.1,” pp. 1–3, 2015.

F. Fakhrah, R. Unaida, F. Faradhillah, K. Usrati, and M. Wati, “Analisis Efektivitas Penyaluran Air Melalui Penerapan Irigasi Tetes (Drip Irigation) Pada Tanaman Cabai Di Lahan Kering,” J. Agrium, vol. 19, no. 3, p. 240, 2022, doi: 10.29103/agrium.v19i3.8749.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v5i1.4027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Firdaus Firdaus, Try Hadyanto


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.