Monitoring, IoT (Internet Of Thing), Modul Sensor DHT 22, WeMosD1 R2.

Sukma Hendar Pradana

Abstract


Padi merupakan tanaman yang paling penting bagi masyarakat Indonesia. Beras yang merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia meupakan oalahan dari tanaman padi. Besarnya jumlah konsumsi beras diindonesia dibutuhkan pula tempat penyimpanan untuk menyimpan hasil beras yang melimpah. Suhu dan kelembaban rata-rata sangant sulit diatur secara annual, terlebih lagi jika penyimpananya sudah dalam skala besar seperti gudang bulog. Untuk menunjang pengukuran suhu dan kelembaban dibuthkan sebuah alat yang dapat mengontrol suhu dan kelelmbaban secara otomatis.

 Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban Pada Gudang Beras Berbasis Android ini bisa menjadi salah satu alternative dalam memonitoring suhu dan kelembaban didalam gudang. Alat ini berkomunikasi antar muka dengan Smartphone android yang sebagian besar sudah banyak digunakan oleh para pekerja gudang. Cara kerja sistem ini yaitu akan menjaga suhu dan kelembaban didalam gudang penyimpanan serta pemantauan yang dapat dilakukan dimana saja. Perancangan alat ini menggunakan teknologi IoT (Internet Of Thing), dimana aplikasi android sebagai media antar muka untuk memonitoring suhu dan kelembabanya. Alat ini dibekali dengan modul sensor DHT22 dan WeMos D1 R2 sebagai mikrokontrollernya.


Full Text:

PDF

References


A. D. Sediaoetama, “Ilmu Gizi untuk mahasiswa dan profesi jilid I,” Jakarta Dian Rakyat, 2000.

R. Ratnawati, M. Djaeni, D. Hartono, and others, “Perubahan kualitas beras selama penyimpanan (change of rice quality during storage),” J. Pangan, vol. 22, no. 3, pp. 199–208, 2013.

S. P. MUHAMAD, “Rancang bangun sistem pemantau suhu dan kelembaban pada gudang bulog berbasis internet of things,” Inst. Teknol. Telkom Purwokerto, 2019, [Online]. Available: http://repository.ittelkom-pwt.ac.id/id/eprint/5897.

P. Raj and A. C. Raman, The Internet of Things: Enabling technologies, platforms, and use cases. CRC press, 2017.

R. Y. Endra, A. Cucus, F. N. Afandi, and M. B. Syahputra, “Model Smart Room Dengan Menggunakan Mikrokontroler Arduino Untuk Efisiensi Sumber Daya,” Explor. J. Sist. Inf. Dan Telemat. (Telekomunikasi, Multimed. Dan Inform., vol. 10, no. 1, 2019.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v4i2.3248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sukma Hendar Pradana


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.