RANCANG ALAT KEAMANAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT BERBASIS SIM GSM MENGGUNAKAN METODE RANCANG BANGUN

Ade Surahman, Agung Tri Prastowo, Lutvi Ashari Aziz

Abstract


Dewasa ini, Alat transportasi tidak lepas dari kebutuhan sehari-hari salah satunya adalah kendaraan. Kendaraan yang paling banyak diminati di Indonesia adalah sepeda motor. Harga yang terjangkau dan hemat bahan bakar menjadi alasan yang sering digunakan dalam penggunaan sepeda motor. Selain itu, sebagai alat transportasi sepeda motor juga kendaraan yang efisiensi waktu dan cepat. Semakin meningkatnya pemakai sepeda motor di jalan raya, bisa dilihat langsung sepeda motor sudah memenuhi jalan-jalan di kota besar di Indonesia. Semakin banyaknya jumlah kendaraan bermotor, maka tingkat kriminalitas terhadap pemakai sepeda motor juga semakin besar. Kasus pencurian banyak terjadi karena mudahnya pencuri dalam membobol sistem keamanan pada kendaraan sepeda motor. Ada berbagai jenis faktor yang dapat mempengaruhi seperti keamanan lingkungan, sistem pengamanan kendaraan itu sendiri dan kelalaian pemilik. Pada masa pandemi, para pelaku kejahatan memanfaatkan situasi saat seluruh pihak fokus terhadap penanganan penyebaran COVID-19 di Indonesia yang berdampak pada seluruh lini kehidupan masyarakat Indonesia. Pada penelitian ini dikembangkan sebuah sistem alat keamanan sepeda motor berbasis SIMGSM dengan remot dan handphone sebagai kendalinya dan bertujuan untuk mengamankan kendaraan sepeda motor dari jarak jauh menggunakan metode rancang bangun. Kota Bandar Lampung merupakan wilayah yang mempunyai jumlah kasus tindak pidana kasus pencurian sepeda motor (curanmor) tertinggi di Provinsi Lampung. Hasil yang diharapkan dari penelitian adalah alat yang dibuat dapat berguna dan digunakan masyarakat. 

Keywords


Covid-19, Pencurian, Sepeda motor, Transportasi.

Full Text:

PDF

References


A. A. Putra, “Purwarupa Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Algoritma Rsa, Diffie-Hellman Dan Aes Berbasis Mikrokontroler Arduino Uno,” Univ. Pendidik. Indones., 2019.

M. M. Thoyyib, “Sistem Keamanan Sepeda Motor Dari Perampasan Menggunakan Sms dan GPS Berbasis Arduino Nano,” J. Chem. Inf. Model., hal. 1–92, 2017.

M. R. Al-Rasyid, “Rancang Bangun Sistem Kunci Pengaman Sepeda Motor Menggunakan Sensor Infrared Dan Arduino Uno,” 2020.

M. Yanuardi, “Rancang Bangun Helm Berperingatan Dini Untuk Pengendara Sepeda Motor Berbasis Arduino,” Univ. Bangka Belitung, 2019.

P. P. Harun Sujadi, “Prototipe Sistem Keamanan Sepeda Motor Menggunakan Mikrokontroller Arduino Uno r3 Dengan Sensor Hc-Sr501 Dan Hc-Sr04 (Studi Kasus Desa Panyingkiran),” Semin. Nas. Teknol. Inf. Univ. Ibn Khaldun Bogor, 2018.

E. Rahmawati, M. F. Riyandi, S. H. Prasetyo, M. Farhan, F. Qiram, dan N. Nanang, “Perancangan Alat Sistem Keamanan Kendaraan Motor Menggunakan RFID Berbasis Arduino Uno,” J. Inov. dan Sains Tek. Elektro, vol. 1, no. 2, hal. 47–51, 2020.

T. Hidayat, Sistem monitoring dan pengaman motor menggunakan remote cerdas berbasis android dengan gps google api. Jakarta, 2019.

R. N. Reynaldi dan R. Pramudita, “Sistem Kontrol Sepeda Motor Menggunakan Arduino Dan Android,” vol. 4, no. 1, hal. 23–34, 2019.

A. I. PALAM, “Pemetaan Tindak Pidana Pencuriankendaraan Bermotorberbasis Spasial Di Kota Bandar Lampungtahun 2018,” J. FKIP Unila, 2018.

I. A. Millah, “Penanggulangan Kejahatan Di Masa Pandemi Covid-19 (Dalam Perspektif Kriminologi Dan Viktimologi),” J. Komun. Huk., vol. 6, no. 2, hal. 2356–4164, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://mediaindonesia.com/read.

Hu. A. Q. Yahya, “Rancang Bangun Aplikasi Perpustakaan Menggunakan Framework Code Igniter (Studi Kasus Sdn Cibubur 05),” J. Sist. Inf. dan Sains Teknol., vol. Vol 2 No.2, 2020.

N. Samania, Nirsal, dan R. Y. Fa’rifah, “Rancang Bangun Aplikasi e-Voting Pemilihan Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Informatika (Hmti) Universitas Cokroaminoto Palopo Berbasis Website,” J. Ilm. d’Computare, vol. Vol. 10, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v3i1.1918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ade Surahman

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.