IMPLEMENTASI MOTOR DRIVER VNH2SP30 PADA MOBIL REMOTE CONTROL DENGAN KENDALI TELEPON GENGGAM PINTAR

Sanriomi Sintaro, ade surahman, Lili Andraini, Izudin Ismail

Abstract


Perkembangan teknologi mikrocontroler seperti Esp 32 dapat diintegrasikan dengan alat contohnya yaitu Mobil Remote control. Obyek yang digunakan adalah mobil Remote control (RC Car). Pengendalian mobil ini melalui sebuah aplikasi dan mikrocontroler di program melalui aplikasi arduino supaya bergerak sesuai dengan data inputan yang di masukan.

Mobil Remote control ini dapat dikendalikan sampai dengan jarak <50 meter, dikendalikan melalui aplikasi di handphone dengan cara menghubungkan wifi yang tersedia di mobil, setelah itu mobil dapat dikendalikan.

Tujuan mobil Remote control ini dibuat untuk menambah wawasan dalam komunitas mobil RC dan dapat dikembangkan dengan teknologi yang canggih, di dalam aplikasi memiliki 4 tombol yang berfungsi untuk mengendalikan mobil kearah maju, mundur, kiri dan kanan. Cara kerja mobil control ini adalah ketika kita tekan tombol arah maju maka mobil akan maju begitupun dengan tombol-tombol yang lainnya.

Didalam tombol yang telah dibuat menyimpan sebuah link yang akan dikirimkan ke Esp sebagai kendali mobil dan mobil akan menjalankan sesuai link yang dikirimkan dari handphone.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa alat yang dibuat yaitu Implementasi Motor Driver Vnh2sp30 Pada Mobil Remote Control Kendali Smartphone ini dapat bekerja dengan baik sesuai dengan prinsip kerja yang dirancang.


Keywords


Mobil Remote Control, VNH2SP30

Full Text:

PDF

References


S. Samsugi, A. Ardiansyah, and D. Kastutara, “Arduino dan Modul Wifi ESP8266 sebagai Media Kendali Jarak Jauh dengan antarmuka Berbasis Android,” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 1, pp. 23–27, 2018.

S. Sintaro, A. Surahman, and C. A. Pranata, “Sistem Pengontrol Cahaya Pada Lampu Tubular Daylight Berbasis Iot,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 2, no. 1, pp. 28–35, 2021.

M. E. Porter, Competitive advantage of nations: creating and sustaining superior performance. simon and schuster, 2011.

H. Hayatunnufus and D. Alita, “SISTEM CERDAS PEMBERI PAKAN IKAN SECARA OTOMATIS,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 11–16, 2020.

D. Alita, A. D. Putra, and D. Darwis, “Analysis of classic assumption test and multiple linear regression coefficient test for employee structural office recommendation,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 15, no. 3.

S. Sintaro, A. Surahman, and N. Khairandi, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR FUTSAL MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” TELEFORTECH J. Telemat. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, 2020.

S. Samsugi, Z. Mardiyansyah, and A. Nurkholis, “Sistem Pengontrol Irigasi Otomatis Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 17–22, 2020.

A. Surahman, B. Aditama, M. Bakri, and R. Rasna, “Sistem Pakan Ayam Otomatis Berbasis Internet Of Things,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 2, no. 1, pp. 13–20, 2021.

I. Ahmad, R. I. Borman, J. Fakhrurozi, and G. G. Caksana, “Software Development Dengan Extreme Programming (XP) Pada Aplikasi Deteksi Kemiripan Judul Skripsi Berbasis Android,” INOVTEK Polbeng-Seri Inform., vol. 5, no. 2, pp. 297–307, 2020.

T. Widodo, B. Irawan, A. T. Prastowo, and A. Surahman, “Sistem Sirkulasi Air Pada Teknik Budidaya Bioflok Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v3i1.1917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sanriomi Sintaro


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.