PENGERAK KAMERA DENGAN 2IN1 CONTROL (MANUAL DAN OTOMATIS) MENGGUNAKAN APLIKASI ANDROID

Yessi Yunitasari, Sanriomi Sintaro

Abstract


Kinerja kamera pengawas terkadang memiliki Batasan tertentu, terutama dibagian Gerakan kamera yang terbatas, Tujuan dari penelitian ini adalah membuat alat yang dapat memudahkan pengguna untuk dapat mengawasi keadaan yang terekam oleh kamera pengawas menggunakan ponsel android yang di dalam nya terdapat juga sistem pengendali kamera, di dalam aplikasi tersebut kita dapat memantau ataupun melihat keadaan ataupun situasi di suatu tempat dan ruangan kapanpun kita mau dan dimanapun kita berada dalam waktu 24 jam selama di suatu tempat atau ruangan tersebut kita memasang kamera dan ada nya sinyal yang mumpuni untuk mengakses jaringan ataupun internet. Cara kerja alat ini adalah telepon genggam akan mengirimkan data berupa perintah, yang kemudian data tersebut dikirimkan melalui alamat IP yang ditentukan pada perangkat mikrokontroller. Telepon genggam yang digunakan akan bertugas sebgai transmitter (pengirim) dan kemudian di terima oleh wireless router sebagai receiver (penerima). Kemudian perintah tersebut dikirim ke mikrokontroler dan diolah oleh mikrokontroler, kemudian mikrokontroler memberikan perintah kepada motor servo yang menentukan arah dari ip kamera tersebut. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa alat yang dibuat yaitu kontrol kamera menggunakan android ini dapat bekerja dengan baik sesuai dengan prinsip kerja yang dirancang.

Keywords


kamera, servo, movement, security, android

Full Text:

PDF

References


B. K. WIlliams and S. C. Sawyer, Using Information Technology : A Practical Introduction to Computers and Communications, 9th ed. New York: The Mc Graw-Hill Companies Inc, 2011.

S. Ahdan and E. R. Susanto, “IMPLEMENTASI DASHBOARD SMART ENERGY UNTUK PENGONTROLAN RUMAH PINTAR PADA PERANGKAT BERGERAK BERBASIS INTERNET OF THINGS,” J. Teknoinfo, vol. 15, no. 1, pp. 26–31, 2021.

S. Sintaro, A. Surahman, and N. Khairandi, “APLIKASI PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR FUTSAL MENGGUNAKAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID,” TELEFORTECH J. Telemat. Inf. Technol., vol. 1, no. 1, 2020.

R. Arfiansyah, Y. Fitrisia, and M. Fadhli, “Aplikasi Android untuk kontrol dan monitoring ruangan menggunakan IP Camera,” J. Aksara Komput. Terap., vol. 1, no. 2, 2012.

D. Alita, I. Tubagus, Y. Rahmanto, S. Styawati, and A. Nurkholis, “SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN WILAYAH KELAYAKAN TANAM TANAMAN JAGUNG DAN SINGKONG PADA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN,” J. Soc. Sci. Technol. Community Serv., vol. 1, no. 2, 2020.

S. Sintaro, A. Surahman, and C. A. Pranata, “Sistem Pengontrol Cahaya Pada Lampu Tubular Daylight Berbasis Iot,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 2, no. 1, pp. 28–35, 2021.

H. Hayatunnufus and D. Alita, “SISTEM CERDAS PEMBERI PAKAN IKAN SECARA OTOMATIS,” J. Teknol. dan Sist. Tertanam, vol. 1, no. 1, pp. 11–16, 2020.

D. Alita, A. D. Putra, and D. Darwis, “Analysis of classic assumption test and multiple linear regression coefficient test for employee structural office recommendation,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 15, no. 3.

T. Widodo, B. Irawan, A. T. Prastowo, and A. Surahman, “Sistem Sirkulasi Air Pada Teknik Budidaya Bioflok Menggunakan Mikrokontroler Arduino Uno R3,” J. Tek. dan Sist. Komput., vol. 1, no. 2, pp. 1–6, 2020.

S. Samsugi, A. Ardiansyah, and D. Kastutara, “Arduino dan Modul Wifi ESP8266 sebagai Media Kendali Jarak Jauh dengan antarmuka Berbasis Android,” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 1, pp. 23–27, 2018.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v2i2.1334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Yessi Yunitasari, Sanriomi Sintaro

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.