SISTEM PENGONTROL CAHAYA PADA LAMPU TUBULAR DAYLIGHT BERBASIS IOT

Sanriomi Sintaro, Ade Surahman, Catra Adi Pranata

Abstract


Penelitian ini berfokus pada pengendalian cahaya di dalam ruangan, di rumah, sekolah, gudang, atau gedung, dan dapat memberikan laporan dalam kurun waktu tertentu. Dengan mengontrol lampu LED yang digunakan pada malam hari dan servo yang dapat menghidupkan dan mematikan lampu pada waktu tertentu. Sistem ini terdiri dari 3 bagian yaitu sensor, prosesor dan motor. Bagian sensor menggunakan modul sensor Light Dependent Resistor (LDR). Kami menggunakan NodeMCU sebagai Prosesor yang digunakan untuk memproses data sensor dan motor. Motor servo digunakan untuk membuka dan menutup seperti katup pada pengontrol cahaya. Sistem monitoring dan kontrol pada perangkat ini memiliki dua sistem kontrol, yang dapat kita gunakan kontrol otomatis atau manual. Saat kontrol otomatis aktif maka kontrol manual akan dimatikan dan akan bekerja dengan sistem yang telah dibuat. Kontrol otomatis pada perangkat ini hanya digunakan pada modul sensor LDR dan lampu LED, yang akan bekerja saat sensor mendeteksi adanya cahaya maka LED akan mati. Hasil nilai dan kondisi akan langsung ditampilkan di aplikasi Blynk. Ketika kontrol manual aktif, sistem juga dapat digunakan secara bersamaan, kontrol otomatis dan kontrol dengan aplikasi Blynk. Dan kontrol manual, hanya digunakan untuk mengontrol lampu pada LED dan servo.

Keywords


NodeMCU, Monitoring, Kendali, IoT, Servo, Sensor LDR

Full Text:

PDF

References


BPS, “Statistik Listrik 2014-2019”, Publikasi Badan Pusat Statistik, Nomor Katalog 6205005, Nomor Publikasi 053302003, ISSN 2354-6875

S. Samsugi, Ardiansyah dan D. Kastutara, "Internet of Things (IoT): Sistem Kendali Jarak Jauh," in Prosiding Seminar Nasional XII Rekayasa Teknologi Industri dan Informasi, Yogyakarta, 2017.

S. Samsugi, N. Neneng dan B. Aditama, "IoT: kendali dan otomatisasi si parmin (studi kasus peternak Desa Galih Lunik Lampung Selatan)," Prosiding Semnastek, vol. 1, no. 1, 2018.

Nurkholis, A. Riyantomo dan M. Tafrikan, “Sistem pakar penyakit lambung menggunakan metode forward chaining,” Majalah Ilmiah Momentum, vol. 13, no. 1, 2017.

U. Asdea, A. Nurdin dan Asriyadi, "Perancangan Keamanan Rumah Berbasis IOT (Internet of Things)," in Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri, 2019.

A. Agus S, Zulkifli dan R. Gustriansyah, "Kendali Peralatan Listrik Dengan Sms Menggunakan Arduino Dan Gprs Shied," Jurnal Informatika Global, vol. 6, no. 1, pp. 33-37, 2015.

D. E. Kurniawan, M. Iqbal, J. Friadi, R. I. Borman dan R. Rinaldi, "Smart Monitoring Temperature and Humidity of the Room," Journal of Physics: Conference Series, pp. 1-8, 2019.

F. Arifiyanto, W. A. Syafei dan M. Somantri, "perancangan prototype web-based online smart home controlled by smartphone," Jurnal Ilmiah Teknik Elektro, vol. 2, no. 4, pp. 916-923, 2013.

N. Y. D. Setyaningsih dan I. A. Rozaq, "prototype smart home kendali logika or berbasis arduino," Jurnal SIMETRIS, vol. 8, no. 2 , pp. 559-562 , 2017.

Alita, D., & Isnain, A. R. (2020). Pendeteksian Sarkasme pada Proses Analisis Sentimen Menggunakan Random Forest Classifier. Jurnal Komputasi, 8(2), 50-58.

Alita, D., Tubagus, I., Rahmanto, Y., Styawati, S., & Nurkholis, A. (2020). SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN WILAYAH KELAYAKAN TANAM TANAMAN JAGUNG DAN SINGKONG PADA KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 1(2).

Ariyanti, L., Satria, M. N. D., & Alita, D. (2020). SISTEM INFORMASI AKADEMIK DAN ADMINISTRASI DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING PADA LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN. Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, 1(1), 90-96.

Styawati, S., & Mustofa, K. A Support Vector Machine-Firefly Algorithm for Movie Opinion Data Classification. IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), 13(3), 219-230.

Widodo, T., Irawan, B., Prastowo, Agung Tri., Surahman, A, (2020). Sistem Sirkulasi Air pada Teknik Buidaya Biolok Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO R3. JTIKOM, 1(2), 1-6.

Rahmanto, Y., Rifaini, A., Samsugi, S., & Riskiono, S. D. (2020). Sistem Monitoring pH Air Pada Aquaponik Menggunakan Mikrokontroler Arduino UNO. Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam, 1(1), 23-28.




DOI: https://doi.org/10.33365/jtst.v2i1.1034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sanriomi Sintaro, Ade Surahman, Catra Adi Pranata


Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam

Organized by: The S1 Computer Engineering Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science

Published by: Universitas Teknokrat Indonesia

Website: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JTST

Email: jtst@teknokrat.ac.id

Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132

________________________________________________________________________________________

Creative Commons License

Jurnal Teknologi dan Sistem Tertanam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.