KAJIAN SISTEM OPERASIONAL KERETA API RUTE PADANG -PARIAMAN UNTUK MENDUKUNG SEKTOR PARIWISATA SUMATERA BARAT

Anggun Pratiwi JF, Angelalia Roza

Abstract


Pemerintah daerah kota Padang dan Pariaman berupaya keras dalam meningkatkan dan mengembangkan pariwisata, salah satunya di perlukan dukungan sarana dan prasarana transportasi pariwisata yaitu transportasi kereta api yang banyak digemari oleh masyarakat. Rute ini menjadi pendukung dalam sektor pariwisata karena stasiun pemberhentian berada dekat kawasan pantai sehingga memudahkan masyarakat untuk menuju objek wisata pantai sekitar daerah Pariaman. Jumlah penumpang KA Sibinuang 28% persen berumur dibawah 21 tahun dengan jenis kelamin wanita 53%. Jenis pekerjaan penumpang KA Sibinuang paling banyak adalah wiraswasta dengan tujuan terbesarnya adalah berwisata sebanyak 58% yang lainnya adalah untuk bekerja, sekolah, bedangan dan lain-lain. Kajian sistem operasional KA Sibinuang meliputi waktu tempuh, waktu henti, tundaan dan load factor. Melalui t-test,  waktu tempuh seluruh total perjalanan kereta api Sibinuang masih dalam batas penerimaan karena nilai t hitung < t tabel dan waktu tunda keberangkatan dan kedatangan masih dalam batas wajar yaitu 3–12 menit. Nilai load factoratau kapasitas muat penumpang sebesar 83,93% perbulan dalam 1 tahun. Berdasarkan analisis uji validilitas dan uji reliabilitas pada tingkat kepuasan kinerja (performance) dan kepentingan (importance) menggunakan metoda Importance Performance Analysis (IPA). Dari analisis diperoleh hasil valid dan reliabel pada seluruh item kuisioner yang disebarkan. Pada diagram kartesius metode IPA didapatkan hasil sebesar 97% (sangat memuaskan). Maka dapat diperoleh hasil bahwa KA Sibinuang rute Padang-Pariaman sudah memenuhi standarisasi operasional perkeretaapian di Indonesia dan dengan peforma yang sangat memuaskan untuk mendukung sektor pariwisata pada daerah Sumatera Barat terutama daerah Pariaman.

Full Text:

PDF

References


Jati, Pambudi. 2014. Analisis Kepuasan Pelanggan dengan Importance Performance Analysis di SBU Laboratory Cibitung PT. Sucofindo, Jurnal TI UNDIP.

Pratiwi, Anggun Jf. (2016). Analisis Risiko Finansial Investasi Jalan Tol Akibat Perubahan Inflasi. Jurnal Momentum ITP. Vol.18 No 2-42.

Pratiwi, Anggun Jf, Misbah, Saputra, Ari. Studi Tingkat Pelayanan Bis City Tour Kota Padang dengan Metoda Servqual. Seminar Nasional SPI-4. 10 Oktober 2019. Padang. Sumatera Barat.

_______Undang-undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2007. Tentang Perkeretaapian. Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33365/jice.v3i01.1795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JICE : Journal of Infrastructural in Civil Engineering
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice
E : jice@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
JICE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.