UPAYA PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI STORYTELLING SLIDE AND SOUND

Dina Amelia

Abstract


Pendidikan diselenggarakan dengan memberi keteladanan, membangun kemauan, dan mengembangakan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran. Anak adalah sosok individu yang sedang berkembang dengan pesat dan fundamental bagi kehidupan selanjutnya. Anak pada usia masa ini anak berada pada usia 0-10 tahun sedang mengalami masa yang cepat dalam perkembangan hidup manusia (Uzer, 2019). Sekolah Tunas Mekar Indonesia adalah sekolah national plus yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Akan tetapi, sejak masa pandemic Covid 19 dan pembelajaran online dimulai, kemampuan siswa untuk dapat memahami materi dan menghafal kosakata serta berbicara dalam bahasa Inggris menurun, terutama anak-anak di kelas 5 SD. Permasalahan tersebut juga dipicu oleh metode pembelajaran yang tidak bervariasi. Metode ceramah dan tanya jawab merupakan hal yang paling seering digunakan di ruang kelas.  Metode yang digunakan tim PkM Sastra Inggris Universitas Teknokrat Indonesia demi meningkatan kosakata bahasa Inggris adalah melalui storytelling Slide and Sound. Sebagian besar peserta pelatihan PkM Storytelling Slide and Sound memberikan respon cepat dan tepat sehingga mengalami peningkatan kosakata cukup signifikan selama masa pelatihan. Sementara Sebagian kecil siswa masih mengalami kesulitan dalam Menyusun kata dikarenakan kurangnya kosakata. Akan tetapi, semua siswa merassakan dampak positif dan semua siswa mau bekerjasama dan mencoba metode belajar tersebut.

Full Text:

PDF

References


____________ Undang-Undang Dasar Nomor 20 Tahun 2003 Nomor 20 Tahun 2003 sistem Pendidikan Nasional berkaitan dengan Pendidikan Anak Usia Dini

Cahyati et al. (2019). Pelatihan Pemanfaatan Media Digital Storytelling dalam Pembelajaran Bahasa Inggris

Bagi Guru SMP Wilayah Subang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 147 – 154.

Cameron, L. 2001. Teaching Languages to Young Learners. Cambridge University Press.

Fitriana, Rahmawati, & Kusrihandayani, Dyah. 2017. “Analisis Kebutuhan Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Cerita Rakyat Kutai Kartanegara di Sekolah Dasar di Kabupaten Kutai Kartanegara. SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan.

Michelle, Bram Irene., & Rizkia, Mikael Ray. (2017). Laporan Praktik Lapangan CB Pancasila di PAUD Mawar Indah. Diakses dari : https://www.google.co.id/amp/s/bim2r2.wordpress.com/2017/05/14/laporan-kegiatan-pengajaran-paud/amp/ pada 14 Juni 2020 pukul 15.00

Marfuaty, F. A., & Wahyudi, R. (2015). An analysis of thematic progression patterns: Opinion section texts of The Jakarta Post, 9(3), 109–130.

Setyarini, Sri. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Storytelling: Sebuah Terobosan dalam Upaya Meningkatkan Output Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini.

Uzer, Yus Vernandez. (2019). “Strategi Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Pernik Jurnal PAUD, vol. 2, no. 1, pp. 1-9.

Wright, A. 2003. “The Place of stories in ELT” in A. Paran & E. Watts (eds.) Storytelling in ELT. Kent: IATEFL Publications, 7-10.

Yamin, M. 2017. “Metode Pembelajaran Bahasa Inggris di Tingkat Dasar”. Jurnal personal Dasar, vol. 1, no. 5, pp. 82-97.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.948

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dina Amelia





Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats