PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MA DARUR RIDHO AL-IRSYAD AL ISLAMIYYAH PADA PEMBELAJARAN DARING MELALUI MOODLE
Abstract
Pembelajaran dalam jaringan (daring) telah menjadi sesuatu yang baru namun menjadi keharusan di Indonesia. Pemanfaatan teknologi semakin kondusif semenjak dikeluarkannya SK Mendiknas 2001 tentang pendidikan jarak jauh. Perkembangan teknologi ini menghasilkan banyak aplikasi yang bisa mendukung pembelajaran di kelas sebut saja moodle dan geogebra. Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah MA Darur Ridho. Sekolah ini berada di desa Hanura Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran. Jarak mitra dari Bandar Lampung adalah 40 km, sehingga dapat ditempuh dengan waktu 40 – 60 menit. MA Darur Ridho telah berdiri cukup lama, rata-rata guru di sekolah tersebut berusia di atas 40 tahun atau guru senior. Hal ini membuat mitra cukup sulit menerapkan pembelajaran dalam jaringan. salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan cara meningkatkan kompetensi guru pada penggunaan e-learning dengan cara mengadakan pelatihan bagi guru-guru MA Darur Ridho mengenai penggunaan dan pemanfaatan e-learning sebagai salah satu media pembelajaran. Tempat pelaksanaan pelatihan akan dilakukan di laboratorium komputer MA Darur Ridho dan juga dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting. Berdasarkan nilai tes awal dan tes akhir, sebelum dan sesudah kegiatan pelatihan, menunjukan bahwa guru-guru MA Darur Ridho menjadi lebih memahami dan dapat menggunakan moda aplikasi moodle melalui tautan http://madarurridho.kelasdaring.net. Hasil analisis data dari nilai prestest dan postest instrumen tes menunjukkan bahwa rata-rata nilainya berturut-turut adalah 44,9 dan 91,3. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan awal dan kemampuan akhir peserta pelatihan. Standar deviasi juga menunjukkan penyebaran yang baik yaitu 8,1 dan 3,4.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Moodle, Pelatihan
Full Text:
PDFReferences
Darmayanti, T., Setiani, M. Y., & Oetojo, B. “E-Learning Pada Pendidikan Jarak Jauh: Konsep Yang Mengubah Metode Pembelajaran Di Perguruan Tinggi Di Indonesia,” Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, vol. 8, no. 2, pp. 99-113, 2007.
Susiati, U.D. & Oktaviana, D. “Desain Aplikasi Media Pembelajaran Untuk Membantu Pemahaman Siswa Tentang Konsep Geometri,” Jurnal SAP, vol. 3, no. 1, Agustus 2018.
Utami, Iga S. "Implementasi E-Learning Menggunakan CMS Moodle untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa." Jurnal Komputer Terapan, vol. 2, no. 2, pp. 169-178, 2016.
Diković, L. 2009. “Applications Geogebra into Teaching Some Topics of Mathematics at the College Level,” Comsis, vol. 6, no. 2, 2009.
Djaja, Sutrisno. “Harapan dan Tantangan Guru Pembelajar Moda Daring. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 10, no. 2, Januari 2017.
Hartanto, Wiwin. “Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran,” JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, vol. 10, no. 1, November 2016.
Maskar, S., & Anderha, R. R. (2019). Pembelajaran transformasi geometri dengan pendekatan motif kain tapis lampung. Mathema Journal, 1(1), 40–47.
Saputra, V. H. & Febriyanto, E. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk Anak Tuna Grahita. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 15-23.
Maskar, S., & Dewi, P.S. (2020). Praktikalitas dan Efektifitas Bahan Ajar Kalkulus Berbasis Daring Berbantuan GeoGebra. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2): 888-899.
Ulfa, M., & Puspaningtyas, N. D. (2020). The Effectiveness of Blended Learning Using A Learning System in Network (SPADA ) in Understanding Of Mathematical Concept. Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 47–60.
Maskar, S., & Wulantina, E. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Inovasi Matematika (Inomatika). 1(2), 110–121.
DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v2i1.875
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Sugama Maskar, Putri Sukma Dewi
Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats