Pelatihan Desain Kreatif Dengan Canva Pada Desa Wisata Kang Bejo

Luh Made Wisnu Satyaninggrat, Deli Yansyah

Abstract


Desa Wisata Edukasi Kang Bejo memiliki beberapa potensi sumber daya alam. Potensi sumber daya alam pada bidang ekonomi yang ada di kampung wisata ini mulai dari kuliner yang berasal dari olahan kangkung yang dijual langsung sebagai salah satu keuntungan dari Desa Wisata Kang Bejo. Produk olahan yang dihasilkan banyak digemari oleh pengunjung maupun warga sekitar. Namun kemasan produk saat ini masih sederhana dan belum mengikuti tren yang ada. Agar produk olahan Kang Bejo dapat  menjangkau pasar yang lebih luas, perlu adanya perbaikan dari sisi desain kemasan. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan desain bagi warga setempat agar dapat berkelanjutan dalam mengembangkan tampilan produk dan media promosinya. Pelatihan ini diikuti oleh 8 peserta dengan rentang umur 12 tahun hingga 19 tahun. Untuk mengukur pemahaman peserta dilakukan pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest sebesar 78.75 dan postest sebesar 98.75. Dari hasil tes tersebut diketahui adanya peningkatan pemahaman warga sebesar 25% dan dapat memahami teori dasar dan implementasi desain.

Full Text:

PDF

References


Barokatun Hasanah, L. E. (2022). Pengenalan Produk Olahan Tanaman Kangkung dan Pelestarian Kampung Wisata Kelurahan Sumber Rejo Balikpapan Tengah. Berdikari: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1-8.

Hadiyatno, D. (2023). Pengembangan Wisata Melalui Pemberdayaan Masyarakat (Pokdarwis) Di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi, 5(2).

Hadiyatno, D. A. (2023). Peran UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat di Kelurahan Sumber Rejo Kecamatan Balikpapan Tengah. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(2).

Novan Wijaya, H. I. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva dalam Mendesain Poster. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate (Informatics Engineering Dedication), 192-199.

Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Sasindo Unpam Vol. 8, No.2, 79-96.

Priandini, D. O. (2023). Analisis Karakteristik Sektor Pariwisata Kota Balikpapan. Compact: Spatial Development Journal, 2(3).

Satyaninggrat, L. M. (2024). Pelatihan Desain Berbasis Canva dalam Upaya Pengembangan Kreativitas Pelajar di Kawasan Rt 05 Balikpapan Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 5(1), 103-107.

Setyorini, H. A. (2022). Pelatihan Komputer Desain Canva bagi Anak Remaja di Desa Mojosari Kepanjen Malang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 02, No.01, 793-798.

Tanjung, R. F. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektroni dan Informatika Vol. 7(2).

Wijaya, N. I. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Canva Dalam Mendesain Poster. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat FORDICATE, 2(1).




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v5i2.4500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Luh Made Wisnu Satyaninggrat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats