Pelatihan Penerapan Soal Berbasis Etnomatematika di SMA Negeri 1 Batanghari

Raras Kartika Sari, Nicky Dwi Puspaningtyas, Yuli Santika, Ni Made Suka Rani, Derius Alan Dheri Cahyono

Abstract


Kegiatan dilaksanakan untuk memberikan pelatihan etnomatematika di SMA Negeri 1 Batanghari. Tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk memberikan pengetahuan peserta didik tentang Etnomatematika. Kegiatan pelatihan soal etnomatematika dilaksanakan dengan pelatihan tatap muka kepada peserta didik kelas XII SMA. Pelatihan dilaksanakan dengan tahapan pertama yaitu memberikan survey lapangan, pre tes, memberikan  pelatihan, dan post test. Setelah diberikan pemaparan materi tentang etnomatematika rata-rata 95% peserta didik memberikan respon positif atas pelaksanaan kegiatan. Peserta didik setuju bahwa etnomatematika dapat meningkatkan ketertarikan terhadap pembelajaran, etnomatematika dapat membantu dalam memahami materi, membantu untuk lebih aktif dalam belajar, meningkatkan motivasi belajar dan etnomatematika dangat mudah digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena etnomatematika sangat berkaitan dengan buda-budaya lokal Lampung yang mereka temui dalam kehidupan sehari-hari.


Full Text:

PDF

References


Abi, A. M. 2017. Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6.

Hasibuan, S. A. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Budaya Mandailing Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Sikap Matematis Siswa di SMA Negeri 1 SOSA (Doctoral dissertation, UNIMED).

Indriaini, P. 2018. Implementasi Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Matematika pada Jenjang Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Irawan, A., & Kencanawaty, G. 2017. Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74-81.

Marzuki, M., Ginting, J., & Pasaribu, M. A. H. 2022. Penerapan Nilai-nilai Pancasila Dalam Kehidupan Masyarakat. Jurnal Hukum Al-Hikmah: Media Komunikasi dan Informasi Hukum dan Masyarakat, 3(2), 358-367.

Masruroh, M., Pambudi, M. R., Aris, A. P., Ninasafitri, N., & Permana, A. P. 2022. Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sd Melalui Kearifan Lokal. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 1(2), 52-57.

Musi, M. A., Sadaruddin, S., & Mulyadi, M. 2018. Implementasi Permainan Edukatif Berbasis Budaya Lokal Untuk Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 117-128.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. 2018. Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201-210.

Prabawati, R., Yanto, Y., & Mandasari, N. 2019. Pengembangan LKS berbasis PMRI menggunakan konteks etnomatematika pada materi SPLDV. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(2), 73-79.

Pratiwi, J. W., & Pujiastuti, H. 2020. Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1-12.

Rachmawati, I. 2012. Eksplorasi etnomatematika masyarakat Sidoarjo. Ejournal Unnes, 1(1), 1-8.

Rakhmawati, R. 2016. Aktivitas matematika berbasis budaya pada masyarakat lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221-230.

Richardo, R. 2017. Peran ethnomatematika dalam penerapan pembelajaran matematika pada kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118-125.

Sulistyawati, E. 2020. Keefektifan pendekatan kontekstual berbasis budaya lokal ditinjau dari prestasi, minat belajar, dan apresiasi terhadap matematika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 6(1), 27-42.

Surahman, S. 2013. Dampak Globalisasi Media terhadap Seni dan Budaya Indonesia. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1).

Wahyuni, A., Tias, A. A. W., & Sani, B. 2013. Peran etnomatematika dalam membangun karakter bangsa. Makalah Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Prosiding, Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta: UNY (Vol. 1, No. 1).




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Raras Kartika Sari, Nicky Dwi Puspaningtyas, Yuli Santika, Ni Made Suka Rani, Derius Alan Dheri Cahyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats