Manajemen Pertandingan Olahraga

Doni Pranata, Wiwik Yunitaningrum, Andika Triansyah, Fitriana Puspa Hidasari, M. Fachrurrozi Bafadal, Victor G Simanjuntak, Ahmad Atiq, Mimi Haetami, Novi Yanti, Rizki Hazazi Ali, Witri Suwanto

Abstract


Tujuan dari PKM ini adalah memberikan workshop kepada para peserta tentang manajemen pertandingan olahraga dan bagaimana peran sumber daya manusia yang berkompeten untuk dapat memanajemen sebuah pertandingan olahraga agar kegiatan tersebut dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan waktu dan jadwal yang telah ditetapkan. Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul Manajemen Pertandingan Olahraga berguna untuk meningkatkan pemahaman kepada mahasiswa bagaimana proses manajemen sebuah pertandingan olahraga. Proses terciptanya pertandingan olahraga dimulai dari Planning, organizing, directing dan controlling. Planning dalam organisasi adalah suatu rencana yang disusun sebelum kegiatan berlangsung yang bertujuan untuk merencanakan dan menyusun strategi pelaksanaan kegiatan agar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan, Organizing adalah pengelompokan kegiatan dan pembagian kerja sesuai keahliannya yang bertujuan untuk membagi semua anggota dalam kegiatan sesuai keahlian agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan sesuai tujuan, Directing adalah bimbingan ataupun arahan yang dilakukan oleh atasan pada bawahannya yang tujuannya untuk membimbing dan mengarahkan bawahannya agar dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tujuan dan Controlling adalah pemantauan ataupun pengecekan kegiatan pada saat pelaksanaan organisasi yang tujuannya untuk memastikan agar kegiatan organisasi tetap berjalan sesuai tujuan yang sudah direncanakan. Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilaksanakan melalui Forum Group Discusion (FGD) dan WorkShop yang dilaksanakan di kampus III Jurusan Ilmu Keolahragaan Universitas Tanjungpura.

Kata Kunci: Pengabdian Kepada Masyrakat, Manajemen, Manajemen Olahraga


Full Text:

PDF

References


Albertus, F., & Faruq, M. M. (2015). Tes dan pengukuran dalam Olahraga. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Firdiansyah, M. S. (2015). Manajemen Pengelolaan Wahana Rekreasi Olahraga Di Wisata Water Blaster Semarang Tahun 2013. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 4(2).

Hervi, A., & Qoriah, A. (2021). Survei Manajemen Olahraga Petanque pada UKM Petanque Unnes Kota Semarang Tahun 2020. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 2(1), 230-â.

Koto, M. S. (2019). Fungsi Organisasi dalam Manajemen Proyek. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1).

Mursalim, A., Adi, S., & Andiana, O. (2018). Survei manajemen pembinaan olahraga PASI Kota Malang. Jurnal Sport Science, 8(1), 1–6.

Nugroho, U. (2019). Manajemen Olahraga Prestasi dan Rekreasi. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi gaya belajar mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15(1), 56–63.

Parena, A. A., Rahayu, T., & Sugiharto, S. (2017). Manajemen Program Pembinaan Olahraga Panahan pada Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Provinsi Jawa Tengah. Journal of Physical Education and Sports, 6(1), 1–6.

Perdana, A. S. (2018). Manajemen Pemusatan Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar Atletik Difabel Jawa Tengah (Studi Interpretif Tentang Manajemen SDM, Sarana Prasarana, Keuangan, dan Latihan). UNS (Sebelas Maret University).

Sagala, H. S., & Sos, S. (2016). Memahami Organisasi Pendidikan: Budaya dan Reinventing, Organisasi Pendidikan. Prenada Media.

Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102–109.

Sobarna, A., Rizal, R. M., Hambali, S., Asmara, H., & Sunarsi, D. (2021). PENYULUHAN MANAJEMEN SISTEM PERTANDINGAN OLAHRAGA UNTUK PENGEMBAN KEGIATAN KARANG TARUNA DI DESA GIRI MUKTI KECAMATAN SAGULING KAB. BANDUNG BARAT. Jurnal Pengabdian Dharma Laksana, 3(2), 179–185.

Soemardiawan, S., Yundarwati, S., Primayanti, I., & Sukarman, S. (2019). Pelatihan Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga Pengurus KONI NTT. Abdi Masyarakat, 1(2).

Sumardiyanto, S., & Ruhayati, Y. (2019). Analisis fungsi manajemen organisasi olahraga (Studi kualitiatif pada pengurus daerah ikatan sport sepeda Indonesia Jawa Barat). JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 3(2), 41–45.

Sunarno, A., Damanik, S., & Heri, Z. (2018). Peningkatan Kapasitas Manajemen Olahraga Pengurus Provinsi Cabang Olahraga Di Sumatera Utara. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(1), 1–4.

Sutrisno, H. E. (2019). Budaya organisasi. Prenada Media.

Wahyu, W., & Salam, R. (2020). KOMITMEN ORGANISASI (Kajian: Manajemen Sumber Daya Manusia




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Doni Pranata, Wiwik Yunitaningrum, Andika Triansyah, Fitriana Puspa Hidasari, M. Fachrurrozi Bafadal, Victor G Simanjuntak, Ahmad Atiq, Mimi Haetami, Novi Yanti, Rizki Hazazi Ali, Witri Suwanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats