Pelatihan Komputer Microsoft Office Word Dan Excel Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Pelayanan Aparat Desa Rian Rayo

Baltra Agusti Pramajuri, Margret Ade Cipta Rahmani, Try Hadyanto

Abstract


Perkembangan teknologi harus diimbangi dengan kemampuan sumber daya manusia yang memadai. Aparat desa Rian Rayo adalah sumber daya manusia yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melayani masyarakat, sehingga harus memiliki kemampuan yang memadai dalam menggunakan teknologi. Berdasarkan kondisi di lapangan, aparat desa Rian Rayo masih belum memaksimalkan penggunaan teknologi program aplikasi Microsoft Office Word dan Excel dalam melakukan aktivitas pelayanan kepada masyarakat, sehingga berdampak kurang maksimalnya kinerja pelayanan kepada masyarakat. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan, bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada aparat desa Rian Rayo dalam penggunaan teknologi program aplikasi Microsoft Office Word dan Excel agar dapat meningkatkan kinerja aparat desa dalam memberikan pelayanan maksimal untuk masyarakat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah pelatihan, diskusi tanya jawab dan penyelesaian tugas. Sementara untuk peserta pelatihannya adalah Aparat Desa Rian Rayo. Dari hasil diadakannya Pengabdian Kepada Masyarakat melalui pelatihan, diperoleh peningkatan pengetahuan dan kemampuan aparat desa dalam penggunaan teknologi program aplikasi Microsoft Office Word dan Excel yang sangat membantu dalam penyelesaian administrasi untuk pelayanan kepada masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Alam, H. V. (2017). Pengembangan Sumber Daya Aparatur Desa. Gorontalo: Ideas Publishing.

Megawaty, D. A., Setiawansyah, S., Alita, D., & Dewi, P. S. (2021). Teknologi dalam pengelolaan administrasi keuangan komite sekolah untuk meningkatkan transparansi keuangan. Riau Journal of Empowerment, 4(2), 95–104.

Lilipory, P., & Hanny Posumah, R. M. (2018). Pemberdayaan Sumber Daya Aparat Desa (Study Kasus di Desa Kuyanga Kecamatan Tombatu Utara Kabupaten Minahasa Tenggara). Jurnal Administrasi Publik.

Ruslaini, R., Abizar, A., Ramadhani, N., & Ahmad, I. (2021). PENINGKATAN MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI PEMASARAN PADA UMKM OJESA (OJEK SAHABAT WANITA) DALAM MENGATASI LESS CONTACT EKONOMI MASA COVID-19. Martabe: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 139–144.

Sulistiani, H., Hamidy, F., Isnain, A. R., Yasin, I., Mersita, R., Yunita, Y., & Ismi, Y. (2022). Google Spreadsheet Training for Teacher at SMK N 1 Padang Cermin. Journal of Engineering and Information Technology for Community Service, 1(2), 72–75.

Tidung, P. K. (2018). Peraturan Bupati Kabupaten Tana Tidung Nomor 3 Tahun 2018 tentang Tata Cara Pembagian, Penetapan Rincian dan Penggunaan Prioritas Dana Desa Setiap Desa Tahun Anggaran 2018. Kabupaten Tana Tidung.




DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.2268

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 : Baltra Agusti Pramajuri, Margret Ade Cipta Rahmani, Try Hadyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.



Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS)
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat)  - Universitas Teknokrat Indonesia
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhanratu, Bandarlampung, Indonesia
Telepon : 0721 70 20 22
W : https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JSSTCS/index
E : abdimas@teknokrat.ac.id.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats