PERANCANGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS KEBUDAYAAN LAMPUNG BERBASIS MOBILE

Yuri Rahmanto, Siti Hotijah, . Damayanti

Abstract


Provinsi Lampung adalah sebuah Provinsi paling selatan di Pulau Sumatra, dengan ibu kota Bandarlampung. Pada Kantor Kebudayaan belum ada aplikasi untuk mencari informasi lokasi wisata, dan tidak adanya informasi tentang budaya, serta wisata di Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Tulang Bawang. Informasi disebarkan melalui blog dan website yang tidak resmi dari pemerintah,

Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi mobile Sistem Informasi Geografis sebagai media pencarian lokasi dan untuk mendapatkan informasi mengenai rumah adat, tari adat, pakaian adat, makanan khas, wisata, dan transportasi di Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Tulang Bawang. Metode pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming dan perancangan sistem menggunakan UML.

Hasil yang dicapai adalah sebuah aplikasi berbasis mobile sistem informasi geografis yang dapat dijadikan sebagai media informasi pariwisata di Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Tulang Bawang. Hasil pengujian ISO 9126 yang telah dilakukan dengan melibatkan 50 Responden dapat disimpulkan bahwa kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan secara keseluruhan mempunyai nilai 87,63% maka dinyatakan sistem “Baik” dan layak digunakan.


Full Text:

PDF

References


Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (03 Maret 2019). Avaible at: https://kominfo.go.id (Accesed: 3 March 2019).

E. Irwansyah, Sistem Informasi Geografis: Prinsip Dasar dan Pengembangan Aplikasi, Digibooks, Yogyakarta, 2013.

A. Abran, et al, ‘Iso-Based Models To Measure Software Product Quality’, Software Quality Measurement – Concepts and Approaches, 2008.

D.H. Wati, Y. Rahmanto, Y. Fernando, Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler Berbasis Web (Studi Kasus : Smk Ma’arif Kalirejo Lampung Tengah), Jurnal TEKNOKOMPAK, Vol 13, pp 11-15, 2019.

A.S. Rosa and Shalahuddin, Rekayasa Perangkat Lunak (terstruktur dan berorientasi objek), Modula, Bandung, 2018.

M Mohamad, I Ahmad, Y Fernando, Pemetaan Potensi Pariwisata Kabupaten Waykanan Menggunakan Algoritma Dijkstra, Jurnal Komputer Terapan, Vol 3, pp 169-178, 2017.

S. Styawati and K. Mustofa, “A Support Vector Machine-Firefly Algorithm for Movie Opinion Data Classification,” IJCCS (Indonesian J. Comput. Cybern. Syst., vol. 13, no. 3, p. 219, 2019.

Alita, D., Priyanta, S. and Rokhman, N., 2019. Analysis of Emoticon and Sarcasm Effect on Sentiment Analysis of Indonesian Language on Twitter. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(2), pp.100-109.

Sulistiani, H. and Wibowo, D.A., 2018. Perbandingan Algoritma A* dan Dijsktra dalam Pencarian Kecamatan dan Kelurahan di Bandar Lampung. Konferensi Nasional Sistem Informasi (KNSI) 2018.

Pasaribu, A.F.O., Darwis, D., Irawan, A. and Surahman, A., 2019. Sistem Informasi Geografis untuk Pencarian Lokasi Bengkel Mobil di Wilayah Kota Bandar Lampung. Jurnal Tekno Kompak, 13(2), pp.1-6.




DOI: https://doi.org/10.33365/jdmsi.v1i1.805

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Organized by: The S1 Information Systems Study Program, Faculty of Engineering and Computer Science
Published by: Universitas Teknokrat Indonesia
Website: https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JDMSI
Email: jdmsi@teknokrat.ac.id
Address: ZA. Pagar Alam Street No. 9 -11, Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Indonesia 35132
Creative Commons License
Article Publish in Jurnal Data Mining dan Sistem Informasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License