Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas pada Raharja Internet Cafe Terhadap Kegiatan Perkuliahan Pada Perguruan Tinggi

Untung Raharja, Eka Purnama Harahap, Ririn Eka Cipta Devi

Abstract


Raharja Internet Cafe merupakan suatu tempat fasilitas di Perguruan Tinggi Raharja, menyediakan berbagai kebutuhan unuk kegiatan perkuliahan Pribadi Raharja. Raharja Internet Cafe dimanfaatkan untuk membantu kegiatan perkuliahan dengan memfasilitasi mahasiswa seperti komputer, Printer dan mesin scan. Juga membantu mahasiswa dalam menginstal atau service iPad. Namun, kadangkala fasilitas-fasilitas yang ada dalam Raharja Internet Cafe masih mengalami error sehingga mahasiswa kurang berminat untuk mengunjungi Raharja Internet Cafe. Penelitian ini menggunakan metode kuanitatif. Dengan menggunakan kuesioner online yang dibagikan secara random pada pengunjung Raharja Internet Cafe dan di dapatkan 30 responden. Terdapat 33 pernyataan yang dibagi menjadi 4 section. Dengan menggunakan metode Skala Likert, kuesioner ini diolah menjadi persection. Hal ini, berguna dalam mengetahui apakah ada pengaruhnya Raharja Internet Cafe ini dalam menjalani perkuliahan. Dan hasil yang didapatkan dari penelitian yang dilakukan adalah bahwa Raharja Internet Cafe sangat membantu dalam kegiata perkuliahan.

Kata kunci: Fasilitas, Pelayanan, Kuesioner, Skala Likert


Full Text:

PDF

References


Ali, A., & Murianti, M. L. S. (1998). Persepsi siswa terhadap kualitas fasilitas dan pelayanan perpustakaan sekolah dan faktor-faktor yang mempengaruhi;(Studi kasus di Perpustakaan SMUN 9 Bandar Lampung) (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).

Djunaidi, M., Setiawan, E., & Hariyanto, T. (2006). Analisis kepuasan pelanggan dengan pendekatan fuzzy service quality dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 4(3), 139-146.

Janti, S. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Dengan Skala Likert Terhadap Pengembangan Si/Ti Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen. In Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) (pp. 155-160).

KBBI, 2017, Kamus besar bahasa Indonesia [Online], (diakses pada tanggal 03 Desember 2017) tersedia di https://kbbi.web.id/.

Mongkaren, S. (2013). Fasilitas dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Penguna Jasa Rumah Sakit Advent Manado. JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI, 1(4).

Muhammad, F. R. (2016). Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Pemanfaatan Internet Terhadap Prestasi Siswa Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan Smk Piri 1 Yogyakarta (Doctoral dissertation, UNY).

Septianita, W., Winarno, W. A., & Arif, A. (2014). Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Pelayanan Rail Ticketing System (RTS) terhadap Kepuasan Pengguna (Studi Empiris pada PT. Kereta Api Indonesia (PERSERO) DAOP 9 Jember). E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 1(1), 53-56.

Sofyan, I. L., Pradhanawati, A., & Nugraha, H. S. (2013). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas, melalui kepuasan konsumen sebagai variabel intervening pada star clean car wash Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta.

Umar, H. (2000). Metodologi Penelitian, Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Wahyuni, H (2017). Penerapan Viewboard Berbasis Ime Woocommerce Dalam Menampilkan Informasi Penjualan Pada Raharja Internet Cafe. KKP Perguruan Tinggi Raharja.

Website widuri.raharja.info (diakses pada tanggal 27 Oktober 2017) “RIC” tersedia di https://widuri.raharja.info/index.php/RIC.

Yuriansyah, A. L. (2013). Persepsi Tentang Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan. Management Analysis Journal, 2(1).

Yusup, M., Warsito, A. B., & Apriyani, N. (2016). Pengembangan Sistem OJRS+ (Online Jadwal Rencana Studi Plus) Sebagai Media Perencanaan Jadwal Kuliah. CCIT Journal. Perguruan Tinggi Raharja.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v12i2.54

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Untung Raharja, Eka Purnama Harahap, Ririn Eka Cipta Devi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter