APLIKASI WEB SCRAPING DESKRIPSI PRODUK

Dana Febri Setiawan, Tristiyanto Tristiyanto, Astria Hijriani

Abstract


Situs-situs e-commerce ­dan e-marketplace di Indonesia menawarkan setiap produk dengan deskripsi dan harga yang berbeda-beda. Oleh karena itu pengisian deskripsi dengan jumlah kata yang sangat banyak dan beragam, maka dapat menghabiskan waktu yang sangat lama dalam mengelola produk. Keterbatasan dalam mengelola deskripsi produk secara detail ini dapat diatasi dengan proses pengambilan informasi dengan web scraping. Web scraping adalah proses pengambilan sebuah dokumen semi-terstruktur dari internet, umumnya berupa halaman-halaman web dalam bahasa markup seperti HTML atau XHTML, dan menganalisis dokumen tersebut untuk diambil data tertentu dari halaman tersebut untuk digunakan bagi kepentingan lain. Pembangunan website ini dilakukan dengan menggunakan framework Laravel dan dengan metode pengembangan sistem waterfall. Hasil implementasi dari sistem informasi web scraping ini adalah teknik web scraping dapat digunakan untuk mengambil konten deskripsi produk dengan cepat dan tepat di berbagai situs e-commerce ­dan e-marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Zalora, Blanja.com, Kriya.co.id, Zilingo, Amazon, dan Alibaba yang memuat deskripsi penjualanan produk. Penyimpanan deskripsi produk ke dalam database, mempermudah transformasi data ke bentuk lainnya.

References


Siska Maya. (2016). Strategi Peningkatan Penjualan Usaha Kecil Menegah Melalui E- Commerce Studi Kasus : Mitra Ukm Perusahaan X. Journal of Applied Business and Economics, 2, 271–279.

Syuhada, A. A., & Gambetta, W. (2013). Online Marketplace for Indonesian Micro Small and Medium Enterprises based on Social Media. Procedia Technology, 11(ICEEI), 446–454.

Wijaya, R. C., Andjarwirawan, J., & Palit, H. N. (2017). Aplikasi Pencarian Produk Jual Mobile Devices dari Berbagai Situs E-commerce. Journal of Information System, Vol. 4(1), 41–53.

Rosario, M., Pratama, Y., & Fachruddin. (2017). Penerapan Web Scraping Pada Websitecompany Profile. Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi, 4(4), 37–43.

Matthew Turland. (2010). Php | Architect ’ s Guide to Web Scraping defined. Los Angeles.

Josi, A., Abdillah, L. A., & Suryayusra. (2014). Penerapan Teknik Web Scraping Pada Mesin Pencari Artikel Ilmiah. Jurnal Sistem Informasi (SISFO), Vol. 5(1), 159–164.

Mitra, V., Sujaini, H., & Negara, A. B. P. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Web Scraping untuk Korpus Paralel Indonesia - Inggris dengan Metode HTML DOM. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (JUSTIN), Vol.5(1), 1–6.

Sonya, I. P., & Dr. Prihandoko, Sk. (2016). Analisis Web Scraping Untuk Data Bencana Alam Dengan Menggunakan Teknik Breadth-First. Jurnal Informatika Dan Komputer, Vol.21(3), 69–77.

Roger S. Pressman. (2010). Software Engineering A Practitioners Approach Seventh Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D. (2003). User Acceptance Of Information Technology: Toward A Unified View. MIS Quarterly, 27(3), 425–478.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v14i1.498

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dana Febri Setiawan, Tristiyanto Tristiyanto, Astria Hijriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter