ANALISIS DAN DESAIN JALUR TRANSMISI JARINGAN ALTERNATIF MENGGUNAKAN VIRTUAL PRIVATE NETWORK (VPN)

Amarudin Amarudin, Sampurna Dadi Riskiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemanfaatan jalur transmisi jaringan dan keamanan jaringan pada Universitas Teknokrat Indonesia khususnya pada jalur jaringan di gedung pusat (Gd.A) dengan gedung Fakultas Sastra dan Ilmu Pendidikan (Gd.B). Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan tim IT Pustik, penulis menemukan sebuah kelemahan dalam membangun sistem jaringan tersebut. Kelemahan dari implementasi jaringan yang digunakan selama ini yaitu jalur transmisi data antar gedung (Gd.A dan Gd.B) tidak dilengkapi dengan jalur alternatif untuk mengakses kedua gedung tersebut. Sehingga jika media transmisi antar gedung (Gd.A dan Gd.B) ada trouble, maka antar gedung tersebut tidak bisa saling askses. Padahal masing-masing gedung bisa terkoneksi ke jalur internet. Jadi, secara tidak langsung pemanfaatan jalur internet antar gedung tersebut belum maksimal. Oleh karena itu, perlu dirancang sebuah jalur alternatif yaitu menggunakan protokol Virtual Private Network (VPN). Dimana jalur ini akan digunakan jika jalur normal (eksisting) ada masalah. Jalur alternatif ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan jaringan yang dapat berfungsi untuk mengenkripsi semua data yang ditransmisikan pada jalur tersebut. Berdasarkan hasil eksperiman dan analisis yang dilakukan, penulis menemukan bahwa penerapan jalur alternatif menggunakan protocol Virtual Private Network (VPN) sangat cocok untuk diterapkan. Walaupun protokol VPN ini lebis secure, akan tetapi pemanfaatan VPN ini juga terdapat kelemahan lain yang ditemukan. Yaitu ketika pada Gd.B tidak bisa mengakses internet, maka jalur alternatif (jalur VPN) tidak bisa digunakan. Sehingga pada Gd.B tersebut dibutuhkan perangkat tambahan (Modem), agar bisa mengakses internet sehingga dapat mengakses jalur VPN yang telah dibangun.

Kata Kunci: Virtual Private Network (VPN), Jalur Alternatif, Keamanan Jaringan.



Full Text:

PDF

References


Teknokrat, “Visi Misi,” Universitas Teknokrat Indonesia, 2015. [Online]. Available: https://www.teknokrat.ac.id/en/about-us/profile/visi-misi. [Accessed: 18-Apr-2019].

Anom, “Pengertian dan Fungsi Wireshark, sisi Hacker vs Administrator Jaringan,” 2017. [Online]. Available: https://meretas.com/wireshark-adalah/. [Accessed: 18-Feb-2019].

Adyatma Yoga, “Mikrotik.ID : Konfigurasi VPN PPTP pada Mikrotik,” 2018. [Online]. Available: http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=43. [Accessed: 19-Mar-2019].

Anom, “Definisi Hacking | Penjelasan Hacking,” 2014. [Online]. Available: https://penjelasanhacking.wordpress.com/2014/06/27/definisi-umum-hacking/. [Accessed: 19-Mar-2019].

B. Mahbooba and M. Schukat, “Digital certificate-based port knocking for connected embedded systems,” 2017 28th Irish Signals Syst. Conf. ISSC 2017, pp. 1–5, 2017.

A. Amarudin, “Desain Keamanan Jaringan Pada Mikrotik Router OS Menggunakan Metode Port Knocking,” J. Teknoinfo, vol. 12, no. 2, p. 72, 2019.

A. Amarudin, “Analisis dan Implementasi Keamanan Jaringan pada Mikrotik Router OS Menggunakan Metode Port Knocking,” pp. 1–7, 2018.

Y. Hendriana, “Evaluasi Implementasi Keamanan Jaringan Virtual Private Network (VPN)(Studi Kasus pada CV. Pangestu Jaya),” J. Teknol., vol. 5, no. 2, pp. 132–142, 2012.

H. Supriyono, J. A. Widjaya, and A. Supardi, “Penerapan Jaringan Virtual Private Network Untuk Keamanan Komunikasi Data Bagi PT. Mega Tirta Alami,” 2013.

B. B. Deutsche Forschungsgemeinschaft., Forum, qualitative social research, vol. 6, no. 2. Deutsche Forschungsgemeinschaft, 2000.

P. Gill, K. Stewart, E. Treasure, and B. Chadwick, “Methods of data collection in qualitative research: interviews and focus groups,” Bdj, vol. 204, p. 291, Mar. 2008.

A. Alamsyah and A. A. Arus, “Analisis Sistem Pendaftaran pada Web Forum Ilmiah Matematika Unnes 2014,” Sci. J. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 107–117, 2015.




DOI: https://doi.org/10.33365/jti.v13i2.309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Amarudin Amarudin, Sampurna Dadi Riskiono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


JURNAL TEKNOINFO
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Informatika FTIK Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/teknoinfo/index
E : teknoinfo@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jumlah Pengunjung : View Teknoinfo StatsCounter

Flag Counter