MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GERAK DASAR LARI CEPAT MELALUI MODEL PERMAINAN MODIFIKASI SD NEGERI WAJAK 02 KAB. MALANG

Alfian Yahya

Abstract


Gerak dasar lari merupakan salah satu gerak yang penting bagi perkembangan motorik siswa. Siswa yang dapat mempraktikkan gerak dasar lari sesuai dengan teknik yang benar tentunya nanti akan dapat memperbaiki keterampilan psikomotor anak sehingga anak menjadi bugar dan tumbuh kembang dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran gerak dasar lari cepat sekolah dasar melalui permainan yang dimodifikasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan dari hasilnya. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam menganalisis dan penyajiannya. Angka-angka yang muncul pada penelitian ini digunakan untuk mendukung data kualitatif yang diperoleh dari observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persentase untuk skor keterampilan gerak dasar lari cepat siklus 1 pertemuan 1 sebesar 45,18% dengan kategori kurang baik, pada siklus 1 pertemuan 2 mengalami peningkatan sebesar 55,93% tergolong dalam kategori kurang baik, pada siklus 1 pertemuan 3 mengalami peningkatan sebesar 67,40% tergolong dalam kategori cukup baik, pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami kenaikan sebesar 77,77% tergolong kategori baik, dan pada siklus 2 pertemuan 2 mengalami kenaikan yang baik mencapai 90,36% tergolong kategori baik. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan model pembelajaran dengan menerapkan metode permainan yang dimodifikasi dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran gerak dasar lari cepat di SD Negeri Wajak 02 Kab. Malang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djumidar, 2001. Dasar-Dasar Atletik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Furqon, M. 2006. Mendidik Anak Dengan Bermain. Surakarta: USM.

Mardianto. 2005. Rekontruksi Perilaku Sehat Menjadi Aspek Utama Penilaian Penjaskes. Jurnal Pendidikan Jasmani, 15 (1): 55-65.

Rahadian, Adi. 2019. Aplikasi Analisis Biomekanika (Kinovea Software) Untuk Mengembangkan Kemampuan Lari Jarak Pendek 100m, (Online) journal of S.P.O.R.T Vol. 3 No. 1 Mei 2019 ISSN 2620.7699

Satun. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Lari Cepat 100m Melalui Metode Latihan Akselerasi.(Online),journal.unublitar.ac.id/pendidikan/index.php/Riset_Konseptual. P-ISSN 2598-5175

Saputra Y, P. 2001. Dasar-Dasar Ketrampilan Atletik Pendekatan Bermain Untuk Sekolah Lanjutan Pertama (SLTP): Direktor Jendral Pendidikan Dasar & Menengah.

Seaton. 1974. Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Surakarta: Yuma Pustaka.

Soedarno, Dkk. 1987. Permainan Simulasi Kelahiran Dan Perkembangannya Di Jawa Timur. Jakarta: Balai Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33365/ssej.v1i2.776

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Alfian Yahya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Pendidikan Olahraga FSIP Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/index
E : sport@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.