MODEL APLIKASI SISTEM ORGANISASI PERTANDINGAN SEPAKBOLA LIGA KOTA METRO

muna aprilianto, Prahastara Prahastara

Abstract


Peneliti menyusun sebuah program sistem organisasi pertandingan sepakbola berbasis komputerisasi yang bertujuan model ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan sistem pertandingan sepakbola dari mulai proses input data sampai ke tingkat jadwal pertandingan, klasemen, catatan kartu kuning, kartu merah, dan pencetak gol. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) studi pendahuluan, (2) desain draf awal, (3) validasi draf awal dan revisi, (4) uji coba skala kecil dan revisi, (5) uji coba skala besar dan revisi, (6) produk akhir. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) panduan wawancara, (2) angket dan kuesioner. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif pada skala penilaian, deskriptif kualitatif pada masukan penilaian produk dan hasil wawancara. Hasil penelitian dan pengembangan penyusunan model aplikasi sistem pertandingan berbasis komputerisasi bernama “ME System Sepakbola” yang berbentuk link untuk menuju ke file microsoft excel sehingga mudah untuk diakses penyelenggara pertandingan sepakbola.


Full Text:

PDF

References


Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: an introduction (7 ed.). New York: Pearson Education Inc.

Gumantan, A., Mahfud, I. and Yuliandra, R. (2021) ‘Analysis of the Implementation of Measuring Skills and Physical Futsal Sports Based Desktop Program’, Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 10(1), pp. 11–15. Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/peshr.

Gunawan, R. (2018) ‘Perancangan Dan Implementasi Aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pertandingan Dan Penilaian Elektronik Kempo’, Infotronik : Jurnal Teknologi Informasi dan Elektronika, 3(1), p. 1. doi: 10.32897/infotronik.2018.3.1.82.

Satria, M. N. D., Saputra, F. and Pasha, D. (2020) ‘Mit App Invertor Pada Aplikasi Score Board Untuk Pertandingan Olahraga Berbasis Android’, Jurnal Teknoinfo, 14(2), p. 81. doi: 10.33365/jti.v14i2.665.

Shahfira, A. (2015) ‘Aplikasi Pendaftaran Dan Penjadwalan Pertandingan Olahraga’, Manajemen Informatika FakultasIlmu Terapan, 1(1), pp. 199–211.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R And D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharjana. (2010). Administrasi dan Organisasi Pertandingan. FIK UNY. http://staffnew.uny.ac.id/upload/131764494/pengabdian/administrasi-dan-organisasi-pertandingan.pdf

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Umi Probeyekti.(2009). Pengantar Teknologi Informasi Prodi sistem Informasi UKDW. Diakses dari ecturer.ukdw.ac.idpada tanggal 4 September 2019, Pukul 09.00 WIB

Wardana, A. K., & Hartati, S. (2017). Sistem Penjadwalan Pertandingan Pencak Silat Berbasis Algoritme Genetika. IJCCS, 11(2), 177-186.

Zulfahmi, M. and Telekomunikasi, T. (2018) ‘Rancang Bangun Sistem Aplikasi E-Ticketing Pertandingan Sepakbola TIMNAS Indonesia Berbasis Android Jurnal Teknologi Elektro , Universitas Mercu Buana ISSN : 2086 æ 9479’, Jurnal Teknologi Elektro , Universitas Mercu Buana ISSN: 2086-9479, 9(3), pp. 3–8.




DOI: https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 muna aprilianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

bentuk4d

Slot Gacor Slot Gacor slot online