PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF DI SEKOLAH INKLUSIF BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Wahyu Eko Widiyanto, Eko Galuh Panca Putra

Abstract


Pendidikan inklusif menerapkan bahwa anak yang memiliki kelainan berhak mendapatkan pelayanan yang sama dengan anak yang normal tanpa adanya diskriminasi. Termasuk dalam hal pendidikan jasmani. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu untuk menganalisis artikel yang termuat dalam situs Google Scholar dan mengetahui pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah inklusif bagi peserta didik/anak yang memiliki kebutuhan khusus (ABK). Hasil yang terdapat dalam artikel ini yaitu sistem pendidikan inklusi dianggap sebagai tempat pendidikan yang tepat bagi siswa ABK karena menganggap semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang sama tanpa ada diskriminatif. Pendidikan Jasmani di Sekolah inklusi dapat terealisasikan dengan memodifikasi metode pembelajarannya. Dalam merencanakan pembelajaran penjas adaptif untuk siswa ABK, guru harus memiliki ilmu yang luas dan kreatif agar dapat diaplikasikan oleh peserta didiknya.

Kata Kunci: Penjas Adaptif, Sekolah Inklusif, dan ABK


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2009. Permendiknas No. 70/2009 tentang Pendidkan Inklusi. Jakarta: Depdikbud.

Febriani D., 2014. Tanggapan Guru Pendidikan Jasmani Dan Pembimbing Khusus Terhadap Penerapan Pendidikan Jasmani Adaptif Di Sekolah Dasar Inklusi Se Kabupaten Kulon Progo. Pp. 1-176.

Intifadha R. N. dan Tuasikal A. R. S., 2017. Survei Proses Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Inklusi (Studi Pada Sekolah Dasar Inklusi Se-Kecamatan Gubeng Kota Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 05 (03), pp. 371-377.

Karlina D. A., 2019. Mata Pelajaran Penjas di Sekolah Inklusi. Jurnal Olahraga, 5 (2), pp.137-141.

Khotimah K., 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusif. Jurnal Pendidikan Khusus, pp. 1-9.

Rahim A. & Taryatman. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Dasar Inklusif Kota Yogyakarta. Pp. 146-150.

Sofyan M. & Kuntjoro B. F., 2021. Studi Implementasi Sistem Penilaian Terhadap Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Inklusi Di Kabupaten Gresik. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 09 (01), pp. 37- 42.

Sugiarto B. G., 2019. Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar Inklusi. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 2 (2), pp. 105-113.

Taryatman & Rahim A., 2018. Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar Inklusif Kota Yogyakarta. Jurnal Taman Cendekia, 02 (02), pp. 212-222.

Taufan J., Ardisal, Damri, Arise, 2018. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Bagi Anak Dengan Hambatan Fisik dan Motorik. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2 (2), pp. 19-24.

Van Wesel, F., Boeije, H. R., & Alisic, E. (2015). Towards a method for synthesizing diverse evidence using hypotheses as common language. Quality and Quantity, 49(6), 2237– 2249.

Yunisya P. & Soepandi A. A., 2020. Penyelenggaraan Pembelajaran Penjas Adaptif bagi Tunanetra di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 (SMK N 7 Padang). Journal of Multidicsiplinary Research and Development, 3 (1), pp. 30-35.




DOI: https://doi.org/10.33365/ssej.v2i2.1052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wahyu Eko Widiyanto, Eko Galuh Panca Putra

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


SPORT SCIENCE AND EDUCATION JOURNAL
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Prodi S1 Pendidikan Olahraga FSIP Universitas Teknokrat Indonesia

W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/sport/index
E : sport@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.