Tinjauan Perilaku Driver Ojek Online Dalam Mengutamakan Keselamatan Berlalu Lintas (Study Kasus : Jalan Sultan Agung dan Jalan ZA.Pagar Alam)

Wawan Kurniawan, Galuh Pramita, Fera Lestari

Abstract


Layanan transportasi online pertama kali muncul di Indonesia pada tahun 2010 dengan peluncuran Gojek, sebuah perusahaan rintisan yang menawarkan layanan ojek (sepeda motor taksi) berbasis aplikasi. Mobilitas penggunaan kendaraan sepeda motor yang tinggi turut meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Adanya tuntutan para pengemudi ojek online dalam mengejar pendapatan dengan mengantar atau menjemput penumpang ke alamt yang berbeda setiap harinya menambah beban kerja seorang driver online. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kesadaran dan tingkat perilaku pengemudi ojek online yang melewati Jalan Sultan Agung dan Jalan ZA.Pagar Alam. Metode yang digunakan menggunakan skala likert dan skala guttman dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 100 driver ojek online yang berada di lokasi penelitian lalu diolah dengan menggunakan aplikasi PSPP statistics dan microsoft excel.  Berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan tingkat kesadaran driver ojek online sangat besar dengan hasil perhitungan sebesar 91% dan tingkat perilaku yang tergolong sangat tinggi dengan hasil 82%.

Kata Kunci: Transportasi Online, Perilaku Pengendara, Pengemudi Ojek Online, Keselamatan


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33365/jice.v5i02.4557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



JICE : Journal of Infrastructural in Civil Engineering
Published by Universitas Teknokrat Indonesia
Organized by Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer
W: http://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jice
E : jice@teknokrat.ac.id.
Jl. Zainal Abidin Pagaralam, No.9-11, Labuhan Ratu, Bandarlampung

Creative Commons License
JICE is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.